Swabumi (Suara Wawasan Sukabumi) : Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial
Vol 8, No 2 (2020): Volume 8 Nomor 2 Tahun 2020

PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN UNTUK PENYELESAIAN TEKA-TEKI KUBUS MENGGUNAKAN OPEN SOURCE COMPUTER VISION LIBRARY

rusda wajhillah (STMIK NUSAMANDIRI SUKABUMI)
saeful bahri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Kubus rubik merupakan sebuah permainan teka-teki kombinatorial yang memiliki dimensi yang beragam mulai dari 3x3 4x4 dan seterusnya. Permainan ini memiliki tujuan utama yaitu menyusun warna-warna yang sama dari tiap sisinya. Penyelesaian kubus rubik pada umumnya dilakukan oleh manusia atau pemain itu sendiri, namun dengan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi khusunya teknologi kecerdasan buatan memungkinkan penyelesaian kubus rubik dilakukan oleh mesin dalam hal ini perangkat lunak yang telah ditamamkan kecerdasan buatan. Dalam penelitian ini terbukti bahwa penyelesaian teka-teki kubus rubik dapat diselesaikan secara cepat dan efisien meski dilakukan oleh pemain yang belum pernah melakukan permainan ini sekalipun.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

swabumi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

SWABUMI merupakan jurnal di bidang Ilmu Komputer, Manajemen dan Sosial yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dan telah memiliki ISSN versi cetak. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang berfokus kepada: Sistem Pakar, Sistem Informasi, Web Programming, ...