Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 1 No. 1 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

The Effectiveness of Discussion Techniques on First Grade Students' Speaking Skills Junior High School

Nur Wahyuni (STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)
Mulya Yusnarti (STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik diskusi terhadap keterampilan berbicara siswa pada siswa kelas I MT.s Darul Falah Duman tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian eksperimental (metode kuantitatif). Objek penelitian ini adalah siswa MT.s Darul Falah Duman tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah 36 siswa yang terdiri dari dua kelas. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengambilan sampel melalui cara lotere. Teknik yang digunakan untuk analisis data adalah rumus tes. Dari data penelitian didapatkan nilai t-test siswa (7.606) dan t-tabel (2.042) dari (df) 36. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode grammar translation berpengaruh positif terhadap keterampilan berbicara siswa kelas satu MT.s Darul Falah Duman tahun ajaran 2018/2019.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...