cover
Contact Name
Fathirma'ruf
Contact Email
fathir.ntb@gmail.com
Phone
+6285253190336
Journal Mail Official
ainarapress12@gmail.com
Editorial Address
Jln. Lintas Bima Sumbawa, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat
Location
Kab. dompu,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
ISSN : 27467767     EISSN : 27467767     DOI : -
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), is an informative media from the sphere of educational research which aims to communicate different kinds of literature in the sphere of education.
Articles 99 Documents
Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Tingkatan Sekolah Dasar Menggunakan Macromedia Flash Supriyaddin Supriyaddin; M. Nur Imansyah; Leni Meilani
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 1 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v1i1.7

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan mengembangkan aplikasi pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah pada tingkatan sekolah dasar menggunakan macromedia flash dengan tujuan mempermudah penyampaian materi tentang Hijaiyah. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif-kualitatif dengan hasil: ahli media memperoleh persentase kelayakan 77,5%, ahli materi 80%, respon guru 96%, soal pre test 49,2%, dan soal post test 77,7% serta jumlah keseluruhan persentase kelayakan adalah 380,4% dengan persentase nilai rata-rata sebesar 76% yaitu berada pada skala 61%-80% dengan kategori layak. Simpulan penelitian ini adalah aplikasi pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah pada tingkatan sekolah dasar menggunakan macromedia flash layak digunakan sebagai alat bantu dalam mengajar
Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Teknik Pembelajaran Number Head Together (NHT) di Sekolah Dasar Mulya Yusnarti
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 1 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v1i1.8

Abstract

Berdasarkan hasil analisis data bahwa proses pembelajaran dengan penggunaan model Numbered HeadTogether (NHT) yang diterapkan oleh guru di SD Negeri 25 Dompu tahun pembelajaran 2018/2019 yaitu pada bagian pendahuluan guru aktif dalam membagi kelompok, selanjutnya guru mengajukan pertanyaan kepada siswa. Guru menganjurkan kepada siswa untuk bekerja sama saling tukar pikiran, dalam tahapan menanggapi pertanyaan guru menganjurkan kepada siswa untuk aktif dalam menjawab pertanyaan untuk mengetahui pemahan siswa terhadap materi yang telah di ajarkan. Pada aktivitas guru dan siswa, guru dapat membangkitkan minat dan motivasi belajar siswa. Saat proses diskusi berlangsung guru dapat mengarahkan siswa untuk berdiskusi. Sedangkan pada kegiatan penutup guru aktif menfasilitasi setiap kelompok dalam menyimpulkan materi pembelajaran.
The Effectiveness of Discussion Techniques on First Grade Students' Speaking Skills Junior High School Nur Wahyuni; Mulya Yusnarti
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 1 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v1i1.9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik diskusi terhadap keterampilan berbicara siswa pada siswa kelas I MT.s Darul Falah Duman tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian eksperimental (metode kuantitatif). Objek penelitian ini adalah siswa MT.s Darul Falah Duman tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah 36 siswa yang terdiri dari dua kelas. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengambilan sampel melalui cara lotere. Teknik yang digunakan untuk analisis data adalah rumus tes. Dari data penelitian didapatkan nilai t-test siswa (7.606) dan t-tabel (2.042) dari (df) 36. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode grammar translation berpengaruh positif terhadap keterampilan berbicara siswa kelas satu MT.s Darul Falah Duman tahun ajaran 2018/2019.
Efektivitas Belajar Al-Qur’an Dengan menggunakan Aplikasi Hijaiyah Berbasis Budaya Lokal “Nggahi Mbojo” (Bahasa Bima) Pada Lansia di Kabupaten Dompu Arifin Arifin; Fathir Ma'ruf; Ilyas Yasin
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 1 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v1i1.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan belajar Al-quran lansia setelah diberikan aplikasi huruf hijaiyah sebagai media pembelajaran mengenal dan menghafal huruf al-quran. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2020, sampel penelitian berasal dari Kelompok Lansia Tembalae Desa Ranggo Kabupaten Dompu berjumlah 30 orang peserta didik dengan kategori usia peserta didik lanjut usia (lansia). Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design menggunakan tipe One–Shoot Case Study (Studi Kasus Satu Tembakan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes yang dimaksud adalah tes kemampuan baca al-quran peserta didik dengan ukuran indikator kelancaran, ketepatan makhra, ketepatan tajwid dan tanwin. Untuk mengetahui tingkat kemampuan baca al-quran peserta didik kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Proses pelatihan, bimbingan sampai denga tes dilakukan 8 kali tatap muka dengan peserta didik dibagi dalam enam kelompok belajar. Berdasarkan hasil temuan analisis data dan pembahasan bahwa dapat disimpulkan penggunaan aplikasi hijaiyah berbasis budaya lokal “Nggahi Mbojo” (Bahasa Bima) sangat efektif sebagai penunjang proses pembelajaran baca al-quran pada Lansia Kabupaten Dompu. Hasil ini dibuktikan dengan hasil tes kemampuan baca al-quran 30 orang peserta didik (lansia) memperoleh rerata 80% dengan kategori baik. Hasil ini didukung juga faktor internal yaitu motivasi dan semangat peserta didik dalam mennggunakan aplikasi yang dikembangkan sebagai media pembelajaran baca Al-Quran.
Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Dongeng Suku Mbojo Arif Bulan; Hasan Hasan
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 1 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v1i1.11

Abstract

Sebagai produk budaya suatu dari daerah, dongeng memiliki banyak nilai yang terkandung di dalamnya.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang termuat dalam cerita rakyat suku Mbojo. Metode penelitian yang digunakan dala penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Data penelitian diambil dari buku “kumpulan dongeng suku Mbojo: sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di Sekolah Dasar” yang diterbitkan oleh penerbit Nathan Indonesia 2020. Data-data yang dibutuhkan dalam penelitian dikumpulkan melalui membaca secara cermat unsur-unsur dongeng yang termuat dalam buku. Teknik yang digunanakan dalam penelitian teknik catat. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat lima nilai pendidikan karakter yang termuat dalam buku kumpulan dongeng suku Mbojo di antaranya: (1) peduli sosial; (2) keadilan; (3) tanggung jawab; (4) kerjasama; (5) menghargai pendapat orang lain.
Korelasi antara Kondisi Lingkungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Siswa Dalam Melaksanakan Tata Tertib Sekolah (Studi kasus pada siswa Sekolah Dasar) Angga Putra; Ija Srirahmawati
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 2 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v1i2.12

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi terkait dengan kondisi lingkungan keluarga terhadap kepatuhan siswa dalam melaksanakan tata tertib di sekolah pada siswa kelas V SD Negeri 03 Dompu tahun pembelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Yang dimana populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas Va dan Vb sebanyak 54 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan rumus Product Moment. Berdasarkan hasil analisis data bahwa kondisi lingkungan keluarga memiliki hubungan yang signifikan dengan kepatuhan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah, hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis data diperoleh nilai hitung sebesar 2.71609 kalau dibandingkan dengan nilai rtabel sesuai dengan jumlah n = 54 pada taraf signifikan 5% atau taraf kepercayaan 95% didapat angka tabel sebesar1.67356 sehingga dengan demikian hasil perhitungan lebih besar dari padanilai tabel atau 2.71609>1.67356. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada korelasi kondisi lingkungan keluarga terhadap kepatuhan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah pada siswa kelas V SD Negeri 03 Dompu tahun pembelajaran 2020/2021 dapat diterima.
Studi Perbandingan Eksistensi Alam Pada Novel Tanah Baru Tanah Air Kedua Karya Nh. Dini Dan Sri Rinjani Karya Eva Nourma (Tinjauan Ekologi Sastra) Eka Yulianti; Taufik Taufik
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 2 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v1i2.13

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan aspek perbandingan komponen kealaman diungkapkan pada novel Tanah Baru Tanah Air Kedua karya Nh. Dini dan novel Sri Rinjani karya Eva Nourma; (2) aspek perbandingan interaksi tokoh pada lingkungan diungkapkan pada novel Tanah Baru Tanah Air Kedua karyaNh. Dini dan novel Sri Rinjani karya Eva Nourma; (3) aspek perbandingan nilai edukatif penyikapan manusia terhadap alam diungkapkan pada novel Tanah Baru Tanah Air Kedua karya Nh. Dini dan novel Sri Rinjani karya Eva Nourma. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini ialah novel Tanah Baru Tanah Air Kedua karya Nh. Dini dan novel Sri Rinjani karya Eva Nourma. Adapun data penelitiannya berupa rangkaian cerita. Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan tiga hal. Pertama, perbandingan komponen kealaman yang diungkapkan Nh. Dini dalam novel Tanah Baru Tanah Air Kedua lebih dominan menunjukkan pemanfaatan alam dalam pola eksploitasi dan perekonomian, sedangkan novel Sri Rinjani karya Eva Nourma lebih dominan menunjukkan pemanfaatan alam untuk penunjang perekonomian. Kedua, perbandingan interaksi tokoh pada lingkungan yang diungkapkan dalam novel Tanah Baru Tanah Air Keduakarya Nh. Dini lebih dominan enunjukkan hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi, sedangkan novel Sri Rinjani karya Eva Nourma lebih dominan menunjukkan hubungan timbal balik yang saling berkomunikasi. Ketiga, perbandingan nilai edukatif penyikapan manusia terhadap alam diungkapkan novel Tanah Baru Tanah Air Kedua karya Nh. Dini lebih dominan menunjukkan pelestarian lingkungan alam, sedangkan novel Sri Rinjani karya Eva Nourma lebih dominan menghargai lingkungan alam.
Kajian Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Leni Marlina
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 2 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v1i2.14

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan-permasalahan yang terjadi di sekolah dasar. Permasalahanpermasalahan tersebut antara lain media yang digunakan hanya sebatas papan tulis, tidak ada kegiatan yang menarik seperti diskusi kelompok, terlalu banyak istilah asing, materi yang terlalu padat. Selain itu guru cenderung mendominasi pembelajaran, dan penguasaan guru akan materi lemah dan terlalu monoton, siswa jarang mengajukan pertanyaan atau mengutarakan pendapat. Oleh sebab itu materi yang diajarkan menjadi verbal/hafalan, serta prestasi belajar IPA siswa sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan (library research). Studi kepustakaan merupakan suatu studi yang digunakan dalam mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam bentuk material yang ada di perpustakaan seperti dokumen, buku, majalah, artikel, kisah-kisah sejarah dan sebagainya. Penelitian ini dilakukan mulai pada tanggal 13 April sampai dengan tanggal 23 Mei 2020. Pengambilan data dilakukan dengan menganalisis beberapa artikel dan jurnal yang relevan dengan judul penelitian. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh dari penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran picture and picture dengan model pembelajarankonvensional seperti ceramah tanpa ada media belajar lain. Dimana dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture prestasi belajar siswa meningkat dan lebih optimal.
Model Pembelajaran CIRC pada Mata Kuliah Apresiasi Sastra “Mantra Mbojo” untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Taufik Taufik; Erwin Erwin; Husnul Khatimah
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 2 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v1i2.15

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dengan pemanfaatan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Mata Kuliah Apresiasi Sastra “Mantra Mbojo” untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa ini bertujuan untuk memberikan kebebasan pada mahasiswa untuk melakukan langkah-langkah berpikir kreatif, ilmiah dengan cara mengumpulkan data dari hasil pembelajaran, kemudian mahasiswa dapat menafsirkan, menganalisis, dan akhirnya sampai pada suatu kesimpulan, sehingga diharapkan prestasi belajar mahasiswa menjadi meningkat. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah kreativitas mahasiswa setelah diterapkannya model pembelajaran CIRC pada matakuliah sastra lama Mantra Mbojo mahasiswa semester V program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (P-BSI) STKIP Yapis Dompu mengalami peningkatan. Pada siklus I belum mencapai ketuntasan klasikal, karena ketuntasannya sebesar 54,1%, yaitu dari 24mahasiswa yang tidak tuntas 11 mahasiswa. Pada siklus II telah mencapai ketuntasan klasikal, dengan ketuntasannya sebesar 87,5% yaitu dari 24 mahasiswa yang tidak tuntas 3 mahasiswa. Jadi dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 33,4%.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Penilaian Berbasis Kelas melalui Bimbingan Klinis di SMA Negeri 1 Woja Eva Patriani
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 1 No. 2 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v1i2.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian berbasis kelas melalui supervisi klinis pada SMA Negeri 1 Woja Di Kabupaten Dompu . Penelitian ini tergolong penelitian tindakan Seklah dengan melibatkan 12 orang guru yang ada. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah: Guru berhasil dalam melaksanakan penilaian kelas bila guru sudah memenuhi kereteria memperoleh sekor lebih atau sama dengan 77,8 (dengan kategori baik). Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan kualitas pelaksanaan penilaian guru dari siklus I sebesar 67 dengan kategori cukup ke siklus II sebesar 79 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui optimalisasi supervise klinis dapat meningkatkan penilaian berbasis kelas, guru SMA Negeri 1 Woja Di Kabupaten Dompu. Oleh karena itu dapat disarankan kepada pengawas atau peneliti yang lain bahwa optimalisasi kegiatan supervise klinis dapat dipakai sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan penilaian guru.

Page 1 of 10 | Total Record : 99