Jurnal Akrab (Aksara agar Berdaya)
Vol. 9 No. 1 (2018): Mei 2018

STRATEGI MENUMBUHKAN BUDAYA BACA BERBASIS CERITA RAKYAT PADA PESERTA DIDIK MULTIKEAKSARAAN DI PKBM ENTER KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT

Muhamad Affandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2018

Abstract

Tulisan ini merupakan suatu deskripsi terhadap implementasi strategi menumbuhkan budaya baca melalui pendekatan cerita rakyat di PKBM Enter, Kabupaten Kotawaringin Barat. Melalui penerapan treatment ini, diharapkan mampu mencapai dua hal secara simultan, yaitu meningkatnya keberaksaraan penduduk dan terdokumentasikannya cerita rakyat, baik secara tertulis maupun online. Aktivitas ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif; dimana sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 20 orang peserta didik pendidikan multikeaksaraan dengan rentang usia 25-31 tahun (sampel total). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen angket dan wawancara, atau yang biasa disebut dengan multi instruments. Melalui kajian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa peserta didik mendapatkan beberapa pengetahuan berupa cerita masyarakat Dayak dan berbagai keterampilan alternatif yang baru. Fenomena tentang kebermanfaatan cerita rakyat dalam kaitannya dengan kemampuan sosialisasi para peserta didik. Selama proses pembelajaran, peserta didik banyak berinteraksi dan bertukar pendapat dengan orang lain, baik sesama peserta didik, tutor maupun pengelola PKBM.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnalakrab

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL AKRAB (Aksara agar Berdaya) adalah jurnal untuk mempublikasikan tulisan ilmiah populer, hasil penelitian/pengkajian, dan pengembangan model pembelajaran di bidang pendidikan nonformal, khususnya pendidikan keaksaraan dan pengembangan budaya baca masyarakat. Pengguna Jurnal adalah tenaga ...