JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

PENGARUH IMPLEMENTASI ASESMEN KINERJA TERHADAP KARAKTER DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV MIN 2 KONAWE SELATAN

Nurzil Amri (Universitas Muslim Buton)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan implementasi asesmen kinerja terhadap karakter dan literasi sains siswa. Populasi penelitian ini berjumlah 170 siswa dan sampel berjumlah 78 siswa. Penetapan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan eksperimen Single Factor Independent Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk karakter dan pengumpulan data literasi sains menggunakan tes objektif. Data dianalisis menggunakan multi analisis varians. Hasil penelitian menunjukkan, (1) nilai F=13,419., p 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan karakter siswa yang mengikuti pembelajaran asesmen kinerja dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik. (2) nilai F=15,797., p 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan literasi sains siswa yang mengikuti pembelajaran asesmen kinerja dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik. (3) nilai F=14,182., p 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan karakter dan literasi sains secara simultan antara siswa yang mengikuti pembelajaran asesmen kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan karakter dan literasi sains siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik menggunakan asesmen kinerja dan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik menggunakan konvensional di kelas IV MIN 2 Konawe Selatan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...