cover
Contact Name
Julhidayat Muhsam
Contact Email
jpendidikandasarflobamorata@gmail.com
Phone
+6281356452916
Journal Mail Official
jpendidikandasarflobamorata@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Kupang Jalan K.H.Ahmad Dahlan, No.17- Kota Kupang-NTT
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
ISSN : 27219003     EISSN : 27218996     DOI : https://doi.org/10.5281/zenodo.4365537
Core Subject : Education,
Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in the review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction and learning Educational Management Curriculum development Special education Teacher education Educational technology Educational development
Articles 90 Documents
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Ummu Aiman; Rizqy Amelia Ramadhaniyah Ahmad
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v1i1.195

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains siswa yang belajarkan model PBL dan dibelajarkan metode ekspositori. Penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dan desaian post-test only control group design. Data literasi sains diperoleh melalui tes. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan uji-t. Hasil thitung sebesar 4,30dan ttabel = 2,00 (dengan tingkat signifikasi 5%). Berarti thitung>ttabel, maka simpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan literasi sains siswa yang dibelajarkan dengan model PBL dan metode ekspositori. Dari rerata skor literasi sains, berada pada kategori sangat tinggi dengan Mean 23,51 sedangkan kelompok kontrol berada pada kateogri sedang dengan hasil Mean 15,75. Jadi, kesimpulannya bahwa model PBL meningkatkan literasi sains siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR Suryadin Hasyda
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v1i1.196

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA pada peserta didik melalui model pembelajaran discovery kelas IV SD Inpres Watumoto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus yang saling berkaitan, dan model yang dipilih dalam penelitian ini adalah model Kemis dan Mc Tagart yang terdiri dari beberapa tahap yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dimana tindakan dan pengamatan dilaksanakan secara bersama. Apabila siklus pertama belum mencapai tujuan yang ditargetkan maka dilanjutkan dengan siklus kedua yaitu perbaikan rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Watumoto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah tes dan non tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk memperoleh data keterlaksanaan pembelajaran dan tes prestasi belajar IPA. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian tindakan kelas bahwa hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik, hal ini dilihat dari hasil observasi aktivitas peserta didik siklus I mencapai rata-rata 72,38 dan siklus ke II dengan nilai rata-rata 83,69. Sedangkan test prestasi belajar peserta didik siklus I dengan presentase ketuntasan 60% dan siklus ke II 100% dengan catatan tuntas secara klasikal. Nilai tertinggi yang diperoleh peserta didik adalah 100 dan nilai terendah 70 dengan nilai rata-rata 84,61%. Oleh sebab itu, pelaksanaan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran discovery diakhiri pada siklus II. Jadi, melalui penelitian yang telah dilakukan dengan menerapkannya metode pembelajaran discovery, terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV yang hasil tes prestasi belajar tuntas atau memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM).
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL INKUIRI TERINTEGRASI LIFE SKILLS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI OEBA 3 KUPANG Julhidayat Muhsam; Nuriyah
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v1i1.212

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegunaan kelayakan dalam mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Inkuiri Terintegrasi Life Skills pada Siswa Kelas IV SD Negeri Oeba 3 Kupang. Penelitian ini telah dilaksanakan di SD Negeri Oeba 3 Kupang dengan populasi siswa kelas IVA, kelas IVB. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dan terpilih kelas IVB sebagai sampel. Penelitian pengembangan LKS berbasis model inkuiri terintegrasi life skills diperoleh hasil adalah sebagai berikut: Kevalidan Silabus diperoleh nilai = 3,8 dinyatakan valid, RPP diperoleh nilai = 3,7 dinyatakan valid, LKS diperoleh nilai = 7,4 dinyatakan valid, angket respon siswa dengan nilai = 87 % dinyatakan layak, angket respon guru dengan nilai = 94 % dinyatakan sangat layak. Adapun hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh nilai 4 dan dinyatakan sangat baik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS dengan model inkuiri terintegrasi life skills yang digunakan dalam penelitian ini adalah layak digunakan, hal ini juga dapat dilihat pada hasil validasi dari pakar dan praktisi dan angket yang dianalisis secara deskriptif.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR Arifin Djenawa
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v1i1.213

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sampelnya berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Data kualitatif yang dikumpulkan akan dianalisis dengan tiga tahap kegiatan yaitu: (1) reduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil Pada siklus I dengan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 70,29 dengan persentase hasil belajar secara klasikal sebesar 70,29%. Dari 31 orang siswa, 21 diantaranya telah mencapai nilai diatas KKM. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 70,29%. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa mencapai 85,45 dengan persentase hasil belajar secara klasikal sebesar 85,45%. Sehingga rata-rata hasil belajar siswa meningkat sebesar 15,16. Dari 31 orang siswa, semuanya telah mencapai nilai diatas KKM sehingga ketuntasan belajar mencapai 100%. Dengan demikian pada siklus II, hasil belajar siswa dan persentase hasil belajar secara klasikal telah mencapai peningkatan
EVALUASI PROGRAM KOMITE SEKOLAH DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTUN PENDIDIKAN DI SD NEGRI BOLENG KECAMATAN ILEBOLENG KABUPATEN FLORES TIMUR Abdul Syahril Muh
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v1i1.214

Abstract

Tujuan dilaksanakan evaluasi program adalah untuk mengetahui pencapaian program dengan langkah mengetahui terlaksananya kegiatan program komite sekolah di SD Negri Boleng, Kabupaten Flores Timur. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil evaluasi yang menggunakan model evaluasi CIPP dengan empat komponen yaitu Conteks meliputi aspek relevansi program komite sekolah, komponen Input meliputi aspek sarana prasarana dan sumber dana, komponen Proses meliputi aspek implementasi program komite sekolah dan kerja sama masyarakat, komponen Produk meliputi aspek dampak dari program komite sekolah terhadap kualitas pendidikan SD Negri Boleng. Temuan dilapangan menunjukan bahwa Komite Sekolah di SD Negri Boleng pada dasarnya memiliki program komite dan program kommite sekolah yang dijalankan di SD Negri Boleng yaitu berupa membantu sekolah dalam proses pencarian dana ketika tidak didanai oleh Bosda Maupun Bosnas. Untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD Negri Boleng komite sekolah harus bekerjasama yang baik dengan pihak sekolah maupun orang tua wali murid guna kemajuan sekolah SD Negri Boleng dan pihak sekolah dan komite lebih mengedepankan kepentingan program komite dan program sekolah yang sudah ditentukan melalui hasil rapat bersama. Program yang dilaksanakan komite sekolah itu selalu memiliki dampak sangat besar untuk kemajuan sekolah SD Negri Boleng, mulai dilihat dari program pembangunan lapangan olah raga/ multi fungsi. Dengan adanya program sudah di lakukan komite sekolah itu sangat berdampak buat sekolah. Dan pihak sekolah juga sangat memberikan dukungan serta aprsiasi terhadap keberhasilan program komite sekolah yang ada di SD Negri Boleng
PENGARUH IMPLEMENTASI ASESMEN KINERJA TERHADAP KARAKTER DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV MIN 2 KONAWE SELATAN Nurzil Amri
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v1i2.293

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan implementasi asesmen kinerja terhadap karakter dan literasi sains siswa. Populasi penelitian ini berjumlah 170 siswa dan sampel berjumlah 78 siswa. Penetapan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan eksperimen Single Factor Independent Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk karakter dan pengumpulan data literasi sains menggunakan tes objektif. Data dianalisis menggunakan multi analisis varians. Hasil penelitian menunjukkan, (1) nilai F=13,419., p 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan karakter siswa yang mengikuti pembelajaran asesmen kinerja dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik. (2) nilai F=15,797., p 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan literasi sains siswa yang mengikuti pembelajaran asesmen kinerja dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik. (3) nilai F=14,182., p 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan karakter dan literasi sains secara simultan antara siswa yang mengikuti pembelajaran asesmen kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan karakter dan literasi sains siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik menggunakan asesmen kinerja dan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik menggunakan konvensional di kelas IV MIN 2 Konawe Selatan.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRISI TEMA BUMI DAN ALAM SEMESTA SISWA KELAS III SDIT AT-TAQWA SURABAYA Fenny Tanalinal Khasna; Abdul Syahril Muh
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v1i2.295

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up dalam keterampilan menulis deskripsi dan pengaruh penggunaan media pop-up terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III SDIT At-Taqwa Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design. Rancangan penelitianyang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes (pretest dan posttest). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi penggunaan media pop-up dalam pembelajaran menulis deskripsi dan soal tes tentang deskripsi. Teknik analisis data dimulai dari uji validitas instrumen observasi dan instrumen tes. Data yang diperoleh diolah dengan statistik parametrik dan uji-t. Pada uji-t diperoleh hasil diketahui bahwa harga thitung lebih besar daripada harga ttabel (10,027 > 2,060). Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pop-up terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa.
DESAIN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBANTUAN LKS BUDAYA LOKAL BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR Deiflora Pulu; Dek Ngurah Laba Laksana; Maria Patrisia Wau
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v1i2.296

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menghasilkan desain pembelajaran berupa rencana pelakasanaan pembelajaran berbantuan lembar kerja siswa (LKS) budaya lokal berorientasi model pembelajaran inkuiri untuk siswa sekolah dasar (2) Untuk mengetahui kualitas hasil uji produk pengembangan desain pembelajaran tematik berbantuan LKS budaya lokal berorientasi model pembelajaran inkuiri untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini dikembangkan dengan model ADDIE, yaitu: analize, design, development, implementation, dan evaluation. Pengembangan produk terbatas pada RPP pada salah satu tema kelas IV, yaitu tema indahnya kebersamaan. Kualitas produk desain pembelajaran dinilai pada uji kelayakan produk berdasarkan pengujian para ahli. Pengujian menggunakan angket yang berupa angket uji ahli konten/materi, angket uji ahli bahasa Indonesia, dan angket uji ahli desain. Data kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan produk hasil pengembangan dan kualitas kelayakan produk. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa dapat dihasilkan produk desain pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran berbantuan LKS budaya lokal berorientasi model pembelajaran inkuiri untuk siswa sekolah dasar. Uji kualitas produk pengembangan menunjukkan bawa kelayakan produk yang dikembangkan dari hasil penilaian para ahli adalah: 1) dari ahli konten/materi memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan kategori “sangat baik”, 2) dari ahli bahasa Indonesia memperoleh skor rata-rata 4,5 dengan kategori “sangat baik”. 3) dari ahli desain memperoleh rata-rata 4,0 pada kategori “baik”. Berdasarkan analisis di atas maka produk desain pembelajaran tematik berbantuan LKS budaya lokal ngada berorientasi model pembelajaran inkuiri layak untuk digunakan untuk pembelajaran di sekolah dasar.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTILINGUAL BERBASIS KONTEN DAN KONTEKS BUDAYA LOKAL ETNIS NGADA PADA TEMA DIRIKU UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR Maria Klarita Mutiara Wini; Dek Ngurah Laba Laksana; Ermelinda Yosefa Awe
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v1i2.297

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bahan ajar multilingual berbasis konten dan konteks budaya lokal etnis Ngada pada tema diriku yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas I Sekolah Dasar, (2) mengetahui kualitas hasil uji produk pengembangan bahan ajar multilingual berbasis budaya lokal etnis Ngada pada tema diriku untuk siswa Sekolah Dasar kelas I. Untuk bahan ajar ini menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa daerah Bajawa. Bahan ajar multilingual berbasis budaya lokal ini dikembangkan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation dan evaluation). Untuk menghasilkan produk bahan ajar yang baik peneliti melakukan uji coba kepada masing-masing ahli yaitu: ahli konten/ materi, ahli bahasa Indonesia, ahli bahasa daerah dan ahli desain. Untuk mengetahui kualitas produk peneliti melakukan uji coba dengan menyerahkan lembar penilaian kuisioner kepada ahli untuk diberi penilaian. Untuk skala penialian 5-1. Berdasarkan hasil uji coba ahli materi/ konten kualitas/mutu produk mendapatkan kriteria “sangat baik” dengan skor rata-rata 4,2. Berdasarkan hasil uji coba ahli bahasa Indonesia kualitas/ mutu produk mendapatkan kriteria “sangat baik” dengan skor rata-rata 4,8. Berdasarkan hasil uji coba ahli bahasa daerah kualitas/ mutu produk mendapatkan kriteria“baik” dengan skor rata-rata 3,7. Berdasarkan hasil uji coba ahli desain kualitas/ mutu produk mendapatkan kriteria“baik” dengan skor rata-rata 3,90. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar multilingual berbasis konten dan konteks budaya lokal Ngada layak untuk digunakan.
ANALISIS TUTURAN EKSPRESIF GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN DI KELAS Kissanda Chispa Siregar; Jefrey Oxianus Sabarua
Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Muhammadiyah Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51494/jpdf.v1i2.298

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengidentifikasi bentuk tuturan ekspresif dan faktor penyebab tuturan ekspresif guru, serta dampak tuturan ekspresif guru terhadap siswa dalam interaksi pembelajaran di kelas IV SD Inpres 3 Wosia. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, simak catat, dan teknik rekam. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, display data, interpretasi dan penafsiran data, kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa bentuk tuturan ekspresif guru meliputi; bentuk tindak tutur langsung literal, bentuk tindak tutur langsung tidak literal, tindak tutur tidak langsung literal, tindak tutur tidak langsung tidak literal. Adapun faktor penyebab tuturan ekspresi guru yaitu; mengawali pembelajaran, memotivasi siswa, memberikan apresiasi, mengakhiri pembelajaran, dan siswa tidak mengerjakan tugas.Dampak tuturan ekspresif guru terhadap siswa meliputi; siswa merasa bersemangat, senang dan termotivasi serta bangga terhadap diri sendiri, merasa kecewa, dan sedih.