Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan
Vol 22 No 1 (2015)

MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN SISWA PADA PELAJARAN AL ISLAM MELALUI METODE DISKUSI DI KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 1 GRESIK

Wakiyah Wakiyah (Unknown)
Soetrisno Soetrisno (Unknown)
Machfudl Asyrofi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2018

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran jenjang SMP pada kelas pertama yangmerupakan masa transisi sekolah dasar ke sekolah jenjang diatasnya mengalami kendalakemandirian dalam belajarnya, penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan kemandiriansiswa dalam belajar sehingga nampak adanya perbedaan ketika siswa di sekolah dasar.Penelitian ini dilaksanakan pada pendidikan Al Islam SMP Muhammadiyah 1Gresik bulan April sampai dengan bulan bulan Mei 2015. Subyek dalam penelitian iniadalah siswa kelas VII B yang berjumlah 24 peserta. Masing-masing siklus terdiri dariplan, do, see dengan 4 (empat) siklus. Teknik analisis data dilakukan sepanjang prosespelaksanaan tindakan yaitu perumusan rencana-rencana berdasar hasil observasi awalterhadap kondisi peserta dalam proses pembelajaran, bertindak sesuai denganperencanaan, mengamati hasil dari tindakan yang dilakukan, melakukan refleksi dankemudian merumuskan kembali rencana berdasarkan informasi yang lebih baik. Hasilpenelitian adalah dengan metode diskusi siswa menjadi mandiri yaitu aktif dalam belajar,menpunyai inisiatif yang baik, kreatif dan berani mengungkapkan pendapat serta percayadiri. Pada akhirnya siswa menjadi sangat senang dan antusias dalam mengikuti matapelajaran Pendidikan Al Islam sehingga kompetensi siswa sesuai yang diharapkan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

didaktika Jurnal Pemikiran Pendidikan memuat hasil penelitian dibidang pendidikan, baik pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris maupun pendidikan ...