Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan
Vol 24 No 2 (2018)

PENGARUH TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKADI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 4 KEBOMAS

Putri Kholifa (Unknown)
Sri Uchtiawati (Unknown)
Fatimatul Khikmiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2018

Abstract

Di dalam proses pembelajaran, masih banyak ditemukan peserta didik yang mengalamikesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika. Salah satu teknik pembelajaran yang dapatmembantu mengatasi kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika adalahteknik pembelajaran scaffolding. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah adapengaruh Teknik Scaffolding terhadap kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalahmatematika di kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Kebomas.Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan desain penelitian Posttest-Only ControlDesign yaitu membandingkan nilai posttest kelas eksperimen dengan nilai posttest kelaskontrol untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh teknik scaffolding terhadap kemampuanpeserta didik dalam memecahkan masalah matematika di kelas VII SMP Muhammadiyah 4Kebomas. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPMuhammadiyah 4 Kebomas yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A yang terdiri dari 30peserta didik dan kelas VII B yang terdiri dari 29 peserta didik. instrumen penelitian yangdigunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk soal uraian.Berdasarkan analisis data menggunakan uji t dua sampel independen (Independent Sample tTest) diperoleh nilai sig = 0,033 < 0,05 , maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan nilaiposttest kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai posttest kelas kontrol, artinya ada pengaruhteknik scaffolding terhadap kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah matematikadi kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Kebomas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

didaktika Jurnal Pemikiran Pendidikan memuat hasil penelitian dibidang pendidikan, baik pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris maupun pendidikan ...