Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan
Vol 22 No 1 (2015)

PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MELALUI GUIDED DISCOVERY LEARNING

Nur Hidayah (Unknown)
Achmad Ashari (Unknown)
Ikhsan Ikhsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2018

Abstract

Matematika merupakan pengetahuan yang sangat dibutuhkan oleh pengetahuanlain untuk berkembang. Matematika merupakan pengetahuan yang paling efektif untukmengembangkan kognisi seseorang, karena objeknya yang abstrak dan hanya ada dalampikiran manusia. Matematika diajarkan di setiap tingkat sekolah. Namun kenyataannyamasih banyak peserta didik yang kurang berminat dengan pelajaran matematika, sepertiyang terjadi di SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Sebagian besar peserta didik masih kurangaktif dalam pembelajaran. Mereka masih menganggap matematika merupakanpembelajaran yang penuh dengan perhitungan yang sulit untuk dipahami. Pembelajaranyang dilaksanakan di SMPM 1 Gresik masih menggunakan metode ceramah dankurangnya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi, hal ini juga menjadi faktorpenyebab peserta didik merasa jenuh dalam pembelajaran matematika. Untukmenyelesaikan permasalahan ini diperlukan upaya dengan menerapkan pembelajaranyang mampu menjadikan seluruh siswa aktif mengkonstruk sendiri konsep atau rumusdalam matematika. Metode guided discovery learning (pembelajaran penemuanterbimbing) merupakan salah satu metode yang sesuai untuk mengatasi permasalahan diatas. Untuk mendukung supaya peserta didik lebih aktif lagi diperlukan mediapembelajaran dan LKS yang menjadi guided dalam proses penemuan. Berdasarkan latarbelakang di atas maka dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatankeaktifan peserta didik melalui guided discovery learning.Jenis penelitian ini adalah CAR (Classroom Action Research) dengan 4 siklusmelalui kegiatan lesson study. Data yang dalam penelitian ini adalah data keaktifan pesertadidik selama dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode guided discoverylearning. Data tersebut diambil selama proses pembelajaran berlangsung melalui kegiatanobservasi kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan pesertadidik dalam pembelajaran.Hasil penelitian ini adalah melalui guided discovery learning didapatkan peningkatankeaktifan peserta didik pada setiap siklus. Keaktifan yang dimaksud adalah keaktifanpeserta didik dalam: (1) aktivitas pada saat memahami LKS, (2) aktivitas dalam melakukanpengamatan/percobaan dengan menggunakan media, (3) aktivitas dalam menemukankonsep/rumus, (4) aktivitas dalam mempresentasikan hasil diskusi, (5) aktivitas dalammenanggapi presentasi.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

didaktika Jurnal Pemikiran Pendidikan memuat hasil penelitian dibidang pendidikan, baik pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris maupun pendidikan ...