Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan
Vol 24 No 1 (2017)

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DI KELAS VII E MTs AL-IBROHIMI MANYAR GRESIK

Danawatul Mursidah (Unknown)
Sri Uchtiawati (Unknown)
Midjan Midjan (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2017

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan hal yang selalu muncul ketikaseseorang mempelajari matematika karena kemampuan representasi dapat membantupeserta didik menjelaskan konsep atau ide dan memudahkan peserta didik untukmendapatkan strategi pemecahan dalam menjawab soal – soal matematika, namunbanyak peserta didik yang kurang memahami serta merepresentasi masalah yangberkaitan segiempat, salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan representasimatematis terletak pada penggunaan model pembelajaran yang belum tepat. Penelitianini untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis peserta didik melaluimodel pembelajaran Think Talk Write(TTW) pada materi bangun datar segi empat dikelas VII E MTs Al – Ibrohimi Manyar Gresik.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian iniadalah seluruh peserta didik kelas VII-E MTs Al-Ibrohimi sebanyak 41 peserta didik.Metode yang digunakan adalah metode tes dan observasi. Instrumen yang digunakanadalah tes kemampuan representasi matematis dan lembar observasi.Dari hasil analisis data, kemampuan representasi matematis peserta didik kelas VIIE di MTs Al-Ibrohimi setelah melakukan pembelajaran dengan model TTW tergolongbaik dengan rata – rata prosentase sebesar 64,27%, berdasarkan observasi, persentaserata-rata aktifitas peserta didik pada seluruh pertemuan yang berada pada kategori aktifyaitu 54,1%, kategori cukup aktif yaitu 28,6%, dan kategori tidak aktif yaitu 17,3%.Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model TTWpadamateri bangundatar segi empat tergolong baik dengan rata – rata 80,5.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

didaktika Jurnal Pemikiran Pendidikan memuat hasil penelitian dibidang pendidikan, baik pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris maupun pendidikan ...