Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Mikrobiologi Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muslim Maros. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan biologi Universitas Muslim Maros yang berjumlah 210 mahasiswa, sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 84 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data variabel kebiasaan belajar menggunakan angket sedangkan untuk data prestasi belajar Biologi menggunakan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Uji prasyarat analisis yang dilakukan meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis mengunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh positif dan signifikan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mikrobiologi Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muslim Maros. Hal ini dibuktikan dengan nilai Signifikan (Sig.) lebih kecil dari alpha (0,001 < 0,05) dan nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,356 > 1,989) pada taraf signifikansi 5%. Besarnya sumbangsih Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar yaitu sebesar 12,1%.
Copyrights © 2018