Tujuan penelitian ini adalah Mengidentifikasi kondisi objektif implementasi program Sekolah Ramah Anak (SRA) berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan yang sudah dilaksanakan di SD Negeri 6 Metro Utara. Mengetahui peranan budaya sekolah yang dimiliki terhadap pengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA) di SD Negeri 6 Metro Utara. Mencari dan menciptakan model yang efektif untuk pengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA) melalui penguatan Budaya Sekolah di SD Negeri 6 Metro Utara. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Implementasi program Sekolah Ramah Anak (SRA) di SD Negeri 6 Metro Utara sebagian besar telah memenuhi kriteria yang digariskan oleh 8 Standar Nasional Pendidikan, tetapi kemunculan berbagai kriteria tersebut tidak mutlak dan secara spesifik diprogramkan untuk SRA. Kemunculannya hanya faktor kebetulan yang memiliki keterkaitan dengan program sekolah lainnya. Kata Kunci: Program Sekolah Ramah Anak (SRA), Model pengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA)
Copyrights © 2019