Kompetensi dosen menjadi hal yang tidak dapat ditawar lagi jika kita sungguh-sungguh berniat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar yang dicapai oleh mahasiswa, atau lebih jauhnya adalah peningkatan mutu pendidikan. Selain itu motivasi dan lingkungan belajar juga berperan penting dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, terutama pada mata kuliah Bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris adalah bahasa yang diterima secara universal yang juga memiliki peran penting dalam aspek akademik, dimana mahasiswa tidak hanya bisa menterjemahkan tetapi juga bisa memahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kompetensi dosen, motivasi belajar, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Inggris. Adapun data yang diperoleh dari lapangan dalam bentuk nilai presentase (%) angka-angka yang sifatnya kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dosen, motivasi dan lingkungan belajar berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Inggris, kelas MA19 Tahun Akademik 2019/2020 Genap.
Copyrights © 2020