Community Empowerment
Vol 6 No 2 (2021): Forthcoming Issue

Pelatihan Identifikasi Gaya Belajar Siswa pada Kelompok Guru SD Muhammadiyah 1 dan SD Muhammadiyah 2 Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap

Herdian, Herdian (Unknown)
Nur’aeni, Nur’aeni (Unknown)
Septiningsih, Dyah Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2021

Abstract

Mitra pengabdian kepada masyarakat ini yaitu SD Muhammadiyah 1 dan SD Muhammadiyah 2, Kec. Cimanggu, Kab. Cilacap dengan jumlah total 12 guru sebagai kelompok sasaran. Permasalahan itu adalah: 1) kurangnya pengetahuan guru tentang gaya belajar, 2) Kurangnya pengetahuan guru dalam mengidentifikasi gaya belajar siswa, 3) kurangnya keterampilan guru dalam merancang stimulasi belajar sesuai dengan gaya belajar siswa. Tujuannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu 1) memberikan pengetahuan pentingnya gaya belajar siswa, 2) memberikan pengetahuan identifikasi gaya belajar siswa, dan 3) melatih keterampilan merancang stimulasi belajar sesuai dengan gaya belajar siswa. Tahapan-tahapan pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini diantaranya ceramah, tanya jawab, dan pelatihan merancang stimulasi belajar sesuai dengan gaya belajar siswa. Hasilnya, terjadi peningkatan pengetahuan gaya belajar siswa dan identifikasi gaya belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari nilai pre test dan post test yang diberikan pada saat sebelum dan sesudah pelatihan serta hasil dari wawancara. selain itu peningkatan keterampilan merancang stimulasi belajar sesuai dengan gaya belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ce

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

Community empowerment is a medium for academicians, government, private companies, and social institutions to communicate community empowerment activities. Each published article is expected to provide new insights and inspire activities elsewhere on related ...