SIMBIOSA
Vol 5, No 2 (2016): JURNAL SIMBIOSA

PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA COMPUTER ASSISTANCE INSTRUCTION MODEL TUTORIAL PADA BAHASAN INTERAKSI DALAM EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP KARTINI 2 BATAM

Juliana Saffitri (Universitas Riau Kepulauan)
Yarsi Efendi (Universitas Riau Kepulauan)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan multimedia computer assistance instruction  model tutorial pada bahasan interaksi dalam ekosistem terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Kartini 2 Batam tahun ajaran 2013/2014. Sampel  penelitian adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 60 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kelas eksperimen dengan menggunaan multimedia computer assistance instruction  model tutorial, sedangkan kelas kontrol tidak penggunaan multimedia computer assistance instruction  model tutorial pada proses pembelajarannya. Kualitas instrumen dinilai berdasarkan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji statistik yang digunakan untuk menguji hasil penelitian digunakan uji hipotesis dengan menggunakan rumus Uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh uji hipotesis bahwa   (2.19)  (1.69), maka H0 ditolak dan  diterima sehingga disimpulkan bahwa penggunaan multimedia computer assistance instruction model tutorial dalam proses pembelajaran positip dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

simbiosajournal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

ehadiran jurnal SIMBIOSA sangat diharapkan untuk meningkatkan publikasi ilmiah pada bidang pembelajaran Biologi dan Sains. Fokus dan cakupan SIMBIOSA secara deteil sebagai berikur: Pendidikan Biologi, mencakup : pembelajaran Biologi untuk sekolah menengah, dan perguruan tinggi; teknologi ...