Journal Mathematics Education Sigma [JMES]
Vol 1, No 1 (2020): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA

Efektivitas Model Thinking Aloud Pair Problem Solving (Tapps) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Sri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2020

Abstract

Abstrak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran TAPPSefektif dalam  meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 47 Medan T.P 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran TAPPSefektif dalam  meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 47 Medan T.P 2019/2020. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest posttest control grup design.pengambilan sempel diambil dengan pengambilan acak dan didapat kelas yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas VIII-2 yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol adalah kelas VIII-4 yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasilpenelitian diperoleh hasilpenghitungan rata-rata pada kelas eksperimen sebesar84,37 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 78,17. Dari pengujian hipotesis diperoleh harga , dengan , dari daftar distribusi normal baku diperoleh Karena , yaitu  maka  diterima. Dari hasil perhitungan N-gain yang didapat dari kelas Eksperimen mencapai nilai 0,7 dalam kategori Tinggi, maka model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TAPPS efektif dalam  meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 47 Medan T.P 2019/2020. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS),

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmes

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Fokus dari Journal Mathematics Education Sigma (JMES) ini: Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Realistik Kemampuan Matematika Pengembangan Penelitian Dalam Pendidikan Matematika ICT Dalam Pendidikan ...