Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA)
Vol 2 No 01 (2019): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 02, No. 01, Mei 2019

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN SENAM LANTAI MELALUI MEDIA BUSA DAN KARET PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Dinda Defriana (Universitas Negeri Jakarta)
Yansen H. Jutalo (Universitas Negeri Jakarta)
Del Asri (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar guling depan senam langtai melalui media busa (spons) dan karet (rubber band) pada peserta didik kelas VIII A Sekolah Menengah Pertama Kristen 5 Penabur, Cipinang, Jakarta Timur yang terdiri dari 25 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode action research, yaitu dengan memberikan tindakan khusus kepada subjek untuk meningkatkan hasil belajar guling depan senam lantai melalui media busa (spons) dan karet (rubber band). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus tindakan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diperoleh kesimpulan yaitu : melalui metode penelitian action research dengan melalui media busa (spons) dan karet (rubber band) dapat meningkatkan hasil belajar guling depan senam lantai pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Kristen 5 Penabur, Cipinang, Jakarta Timur. Hal ini terlihat, dari tingkat kelulusan subjek pada tes awal berjumlah 8 peserta didik atau presentase 32%, sedangkan 68% peserta didik belum dapat mencapai nilai kelulusan, dikarenakan masih banyak kesalahan gerakan yang dilakukan oleh peserta didik dari mulai tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpja

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November, memuat artikel berisi hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Jasmani dan adaptif memuat artikel yang meliputi ide-ide konseptual, teori pembelajaran ...