Competitive
Vol. 14 No. 2 (2019): Jurnal Competitive

Analisa Minat Pembelian Online Konsumen Pada Saluran Distribusi Digital Marketplace Online di Kota Bandung

M Ardhya Bisma (Unknown)
Aditia Sovia Pramudita (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2020

Abstract

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia merupakan salah satu yang tertinggi di dunia. Secara langsung, hal tersebut juga memiliki dampat terhadap pertumbuhaan transaksi online melalui e-commerce. Mayoritas pelaku e-commerce merupakan UKM. Hingga saat ini, peran UKM telah terbukti mampu menggerakan roda perekonomian dalam negeri. Marketplace online, sebagai salah satu pilihan e-commerce, memiliki peran yang sentral dalam menarik UKM untuk berperan dalam perdangan online. Namun demikian, masih terdapat beberapa kendala terkait minat pembelian online yang dirasakan oleh konsumen. Kendala tersebut merupakan faktor penghambat pertumbuhan pembelanjaan online. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk dapat mencari faktor-faktor yang secara langsung dapat meningkatkan minat beli konsumen untuk melakukan pembelanjaan online. Penelitian ini dilakukan di Kota Bandung dengan asumsi bahwa Kota Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang telah terbiasa melakukan pembelian online. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat tiga dimensi e-marketing mix yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli yaitu e-price, e-promotion, dan e-place. Ketiga dimensi tersebut perlu untuk dijadikan prioritas bagi pelaku bisnis online, khususnya pada saluran distribusi digital marketplace, dalam merancang strategi penjualan mereka.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

competitive

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Transportation

Description

Competitive is an open access media in publishing scientific articles that contain the results of research. The scope of the Competitive journal topics covers multi disciplines namely Logistics, Information Engineering, Information Systems, Business Management and Accounting. The journal managed by ...