Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 1 (2020)

Pengambilan Keputusan Strategis Jendela Alam Lembang: Perspektif Keuangan dan Strategi

Jacinta Winarto (Universitas Kristen Maranatha)
Benny B. Tjandrasa (Universitas Kristen Maranatha)
Lina Anatan (Universitas Kristen Maranatha)
Andre Sunjaya (Universitas Kristen Maranatha)
Novan Ardianto (Universitas Kristen Maranatha)



Article Info

Publish Date
20 May 2020

Abstract

Sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang wisata edukasi, Jendela Alam Lembang dihadapkan pada tantangan untuk dapat bersaing dengan wisata-wisata lain yang tentunya masing-masing memiliki keunikan untuk ditawarkan kepada pengunjung. Hal ini mengakibatkan dalam beberapa periode, tingkat kunjungan wisatawan ke Jendela Alam Lembang mengalami penurunan yang cukup signifikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (abdimas) ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi Jendela Alam, yaitu penurunan jumlah pengunjung dan meningkatkan pendapatan kedai Jendela Alam melalui keputusan strategis yang tepat sasaran dan terarah. Untuk itu tim dosen dan mahasiswa gabungan dari Program Studi Magister Manajemen dan Program Studi S1 Manajemen bekerja sama untuk melaksanakan pengabdian masyarakat dengan judul “Pengambilan Keputusan Strategis Jendela Alam Lembang: Perspektif Keuangan dan Strategi.” Adapun metode pelaksanaan yang dilakukan untuk pemecahan masalah yang dihadapi organisasi meliputi: Pemaparan materi terkait peramalan, capital budgeting, dan strategi bisnis serta usulan strategi baru melalui pembuatan keputusan strategis organisasi. Secara teknis, dalam penggalian informasi terkait permasalahan yang dihadapi Jendela Alam, tim abdimas melakukan observasi dan wawancara dengan pemilik dan karyawan Jendela Alam. Adapun hasil dan kesimpulan yang dicapai dalam kegiatan abdimas ini meliputi: 1) Pemilik dan karyawan memahami pentingnya proyeksi dengan menggunakan metode peramalan, 2) Peningkatan pendapatan kedai Jendela Alam melalui penerapan strategi STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dan 7 P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, dan Process).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

parahita

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Serang Raya dengan ISSN 2599-0020 (Cetak) dan ISSN 2599-0012 (Online). Jurnal ini memuat artikel-artikel pengabdian kepada masyarakat dengan ruang lingkup ...