Jurnal Keperawatan
Vol 15 No 1 (2018): Jurnal Keperawatan No. 15 No.1

PENGARUH TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI PADA PASIEN POST SECTIO CAESAREA (Studi di Ruang Kebidanan Rawatan Rumah Sakit Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi)

Irma Fidora (Unknown)
Arzila Prastika (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2019

Abstract

Pendahuluan : Sectio Caesarea merupakan suatu persalinan buatan untuk mengeluarkan bayi melalui pembedahan dengan insisi pada dinding abdomen. Nyeri adalah suatu gangguan yang tidak menyenangkan dan teralokasi yang disebabkan oleh luka insisi. Terapi musik merupakan salah satu teknik distraksi yang digunakan untuk mengalihkan sensasi yang tidak nyaman dan menyenangkan oleh seseorang misalnya nyeri. Pasien bersalin dengan sectio caesarea akan merasakan nyeri mulai nyeri ringan hingga berat. Tujuan penelitian:  mengetahui pengaruh terapi musik klasik terhadap penurunan nyeri post sectio caesarea di Ruang Kebidanan Rawatan Rumah Sakit Dr. Achmad Mochtar. Desain penelitian : Pre Experimental Design dengan rancangan penelitian One-Group Pretest Posttest dengan jumlah sampel 28 responden ibu post sectio caesarea. Penelitian ini menggunakan uji statistik T-test Paired. Hasil penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan nilai p value <0,001. Kesimpulan: terapi musik klasik dapat menurunkan nyeri post sectio caesarea.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal Keperawatan adalah jurnal yang berisi artikel dalam bidang keperawatan Fokus dan Ruang Lingkup Jurnal Keperawatan Menerima manuskrip baik dari artikel asli maupun literature review bidang Keperawatan. Ruang lingkup bidang Keperawatan meliputi: Perawatan Medis Bedah Perawatan Anak Keperawatan ...