Jurnal Keperawatan
Vol 15 No 1 (2018): Jurnal Keperawatan No. 15 No.1

PENGALAMAN IBU HAMIL DALAM PERAWATAN KEHAMILAN BERBASIS BUDAYA MADURA (Studi Kualitatif di Desa Pegantenan Kabupaten Pamekasan )

Roni Wijaya (Unknown)
Dwi Prasetyaningati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2019

Abstract

Kehamilan merupakan saat yang menyenangkan dan dinanti – nantikan, tetapi juga dapat menjadi saat kegelisahan dan keprihatinan. Rendahnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan ibu hamil menjadi faktor penentuan angka kematian Ibu (AKI) atau Angka Kematian Bayi (AKB). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengalaman ibu hamil dalam perawatan kehamilan berbasis budaya Madura. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis survei, dengan lebih mengutamakan untuk mengamati fenomena alam atau sosial yang terjadi didasarkan pada perspektif dan pengalaman yang diteliti. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara mendalam. Teknik analisa data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan simpulan. Kesimpulan pada penelitian ini masyarakat desa mayoritas lebih mempercayai dukun beranak untuk memeriksakan kehamilan dari pada petugas kesehatan ataupun bidan desa. Tingkat pengetahuan ibu hamil tentang perawatan kehamilan beresiko bisa membahayakan ibu dan bayi yang ada d idalam kandungan. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan mafaat kepada petugas kesehatan untuk bisa memberikan tambahan  informasi tentang pentingnya perawatan terhadap kehamilan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal Keperawatan adalah jurnal yang berisi artikel dalam bidang keperawatan Fokus dan Ruang Lingkup Jurnal Keperawatan Menerima manuskrip baik dari artikel asli maupun literature review bidang Keperawatan. Ruang lingkup bidang Keperawatan meliputi: Perawatan Medis Bedah Perawatan Anak Keperawatan ...