Jurnal E-Komtek
Vol 1 No 1 (2017)

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KERAWANAN PANGAN BERBASIS SMS GATEWAY DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAST (Framework for the Applications of System Thinking) (Studi Kasus di Dinas Pangan Kabupaten Karawang )

Muchsam, Yoki (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2018

Abstract

Tujuan Penelitian dengan pengembangan Sistem Informasi Kerawaan Pangan adalah 1) Mengetahui lokasi (kecamatan dan desa) yang mempunyai risiko rawan pangan; 2); Memantau keadaan pangan secara berkesinambungan;3). Merumuskan usulan tindakan jangka pendek dan jangka panjang. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metodologi FAST (Framework for the Applications of System Thinking). Pada awal-awal pelaksanaannya perencanaan pangan dilandasi oleh informasi yang sangat terbatas. Pemerintah pun menganggap Sistem informasi Kerawanan Pangan penting dan sudah waktunya untuk dikembangkan untuk menunjang usaha pembangunan yang semakin meningkat Pendekatan yang digunakan untuk tujuan tersebut di atas dimulai dengan menyusun suatu rencana usulan proyek pengembangan SIKP dengan dukungan SMS gateway. Hasil penelitian Kabupaten mempunyai kewajiban penanganan urusan ketahanan pangan yang terkait dengan SIKP seperti: 1) Tersedianya informasi situasi pangan dan gizi bulanan dan tahunan; 2) Tersedianya informasi hasil investigasi daerah/desa yang diindikasikan rawan pangan; 3) Tersusunnya rekomendasi kebijakan dan pelaksanaan intervensi bagi penanganan kerawanan pangan dan gizi; 4) Tersedianya laporan dan rekomendasi kebijakan dan perencanaan program yang berkaitan dengan pangan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

E-KOMTEK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal E-Komtek (Elektro-Komputer-Teknik) is a Journal that contains scientific articles in the form of research results, analytical studies, application of theory, and discussion of various problems relating to Electrical, Computer, and Automotive Mechanical ...