JPS Unimus
Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN ANALISIS SISWA

Ika Candra Sayekti (FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2016

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengidentifikasi ada atau tidaknya: (1) perbedaan pengaruhpembelajaran IPA menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing melalui metode eksperimen dandemonstrasi; (2) perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki kemampuan analisis tinggi danrendah; (3) interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan analisis siswa. Penulismenggunakan metode kuasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SMPN 14 Surakarta. Populasiadalah siswa kelas delapan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan datamenggunakan teknik tes, kuisioner, dan observasi. Analisis data menggunakan anava dua jalan. Hasildari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan pengaruh pembelajaran IPA menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing melalui metode eksperimen dan demonstrasi; (2) tidakada perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki kemampuan analisis tinggi dan rendah; (3) tidakada interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan analisis siswa Kata kunci: inkuiri terbimbing, eksperimen, demonstrasi, kemampuan analisis

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPKIMIA

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences Other

Description

The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and ...