Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1 No 2 (2016): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DAN PENEMUAN TERBIMBING: SEBUAH PERBANDINGAN DITINJAU DARI MATHEMATICS SELF-EFFICACY SISWA SMP

Ummi Hasanah (Pend. Matematika Universitas Pendidikan Indonesia Bandung)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penting dan belum tercapainya mathematics self-efficacy siswadengan optimal. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menelaah perbedaan pencapaian mathematics self-efficacy antara siswa yang memperoleh pembelajaran model PBM dan siswa yang memperoleh pembelajaran model penemuan terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu/kuasi dengan desain pretes-postes. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala mathematics self-efficacy. Koefisien reliabilitas skala dihitung menggunakan model rasch berbantuan Software MiniStep 3.78., sebesar 0,90. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis menggunakan uji perbedaan rerata: Uji Mann Whitney. Analisis data kualitatif dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan pencapaian mathematics self-efficacy antara siswa yang memperoleh pembelajaran model PBM dan siswa yang memperoleh pembelajaran model penemuan terbimbing.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...