cover
Contact Name
Malalina
Contact Email
malalina@unitaspalembang.ac.id
Phone
+6281279882224
Journal Mail Official
nabladewantara@unitaspalembang.ac.id
Editorial Address
Jalan Tamansiswa No. 261 Palembang
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 25283901     EISSN : 26570335     DOI : 10.51517
Core Subject : Education,
Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali pertahun, yaitu Mei dan November. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tamansiswa Palembang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 67 Documents
PENGARUH BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN LINGKARAN KELAS VIII SMP BINA LESTARI PALEMBANG Malalina Malalina
Nabla Dewantara Vol 1 No 2 (2016): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh signifikan bahan ajar interaktif berbasis komputer terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan lingkaran kelas VIII SMP Bina Lestari Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang berupa one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes,observasi dan dokumentasi, dengan subjek penelitian sebanyak 22 orang. Berdasarkan uji hipotesis dari hasil pretest dan posttest menunjukkan bahan ajar interaktif berbasis komputer pokok bahasan lingkaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasilbelajar. Berdasarkan uji-t diperoleh bahwa harga t = 12,30, sedangkan harga t yang dilihat dari tabel distribusi t sebesar 1,72. 
PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CABRI 3D UNTUK MENINGKATKAN HABIT OF THINKING FLEXIBLY SISWA SMA Pitriani Pitriani
Nabla Dewantara Vol 1 No 2 (2016): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fokus penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan habit of thinking flexibly siswa SMA yang belajarnya dengan problem based learning (PBL) berbantuan Cabri 3D dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan populasi adalah seluruh siswaSMA Negeri 13 Palembang. Sampelnya adalah siswa kelas X sekolah tersebut. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel sebanyak 73 siswa, terbagi 37 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah skala habit of thinking flexiblyyang dikembangkan peneliti bersama beberapa ahli. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa habit of thinking flexibly untuk kedua kelastidak berbeda secara signifikan. Namun habit of thinking flexibly siswa yang belajar melalui PBL berbantuan Cabri 3D sudah mengarah untuk menjadi lebih baik.
PEMBELAJARAN PENEMUAN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP Hadriani Hadriani
Nabla Dewantara Vol 1 No 2 (2016): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan eksperimen kuasi/semu dengan desain eksperimen pretes-postes dan perbandingan kelompok statik. Kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran penemuan, sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini melibatkan 67 siswa kelas VIII disalah satu SMPN di Cimahi. Analisis data dalam pengujian hipotesis digunakan uji-t, uji Mann-WhitneyU dan Uji Pearson-Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa secara keseluruhan, (1) Pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapat pembelajaran penemuan lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran ekpositori; dan (2) Pencapaian disposisi matematis siswa yang mendapat pembelajaran penemuan lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori. Disamping itu, ditemukan juga bahwa tidak terdapat asosiasi antara kemampuan koneksi dan disposisi matematis.
PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DAN PENEMUAN TERBIMBING: SEBUAH PERBANDINGAN DITINJAU DARI MATHEMATICS SELF-EFFICACY SISWA SMP Ummi Hasanah
Nabla Dewantara Vol 1 No 2 (2016): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penting dan belum tercapainya mathematics self-efficacy siswadengan optimal. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menelaah perbedaan pencapaian mathematics self-efficacy antara siswa yang memperoleh pembelajaran model PBM dan siswa yang memperoleh pembelajaran model penemuan terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu/kuasi dengan desain pretes-postes. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala mathematics self-efficacy. Koefisien reliabilitas skala dihitung menggunakan model rasch berbantuan Software MiniStep 3.78., sebesar 0,90. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis menggunakan uji perbedaan rerata: Uji Mann Whitney. Analisis data kualitatif dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan pencapaian mathematics self-efficacy antara siswa yang memperoleh pembelajaran model PBM dan siswa yang memperoleh pembelajaran model penemuan terbimbing.
PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP Evi Lailiyah
Nabla Dewantara Vol 1 No 2 (2016): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk mendeskripsikan pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, sebagai akibat dari pembelajaran dengan pendekatan Differentiated Instruction(DI) dan pembelajaran biasa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi/semu dengan pretest-posttest control grup design yang melibatkan 63 siswa kelas 8 dari satu SMPNdi KotaBandung yang ditetapkan secara purposif. Instrumen penelitian ini adalah tes uraian kemampuan berpikir kritis matematis terhadap pembelajaran dengan pendekatan DI. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa, secara keseluruhan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapat pembelajaran DI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa.Namun berdasarkan  kategori KAM (atas, tengah, dan bawah), untuk kategori KAM atas dan tengah, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat pembelajaran DI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa, sedangkan untuk kategori KAM bawah tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS ARGUMEN PADA MATERI POKOK LINGKARAN DI SMP NEGERI 3 PEMULUTAN SELATAN Nopiyanti Nopiyanti
Nabla Dewantara Vol 1 No 2 (2016): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode ceramah dan pemberian tugas merupakan metode yang biasa digunakan peneliti dalam proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 3 pemulutan Selatan. Pemberian tugas diberikan melalui LKS yang dibuat oleh penerbit, yang mana di dalam LKS tersebut hanya terdapat contoh-contoh soal dan siswa diminta untuk melengkapinya tanpa ada kolom argumen sebagai wadah untuk siswa mengeksplorasi kemampuan komunikasi matematis siswa, sehingga siswa kurang termotivasi untuk menggali kemampuan yang ada di dalam diri. Harapan peneliti siswa memiliki LKS buatan guru sendiri yang mampu menggali kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis argumen pada materi pokok lingkaran di SMP Negeri 3 Pemulutan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIISMP Negeri 3 Pemulutan Selatan sebanyak 18 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakantes. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwaterjadi penimgkatan yang signifikan terhadap rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswamateri pokok lingkaran dengan lembar kegiatan siswa berbasis argumen. Hal ini di tunjukkan dengan  nilai rata-rata hasil tes kemampuan pembuktian siswa dari Siklus I sampai Siklus II yaitu 50,7 dan 69,7. Terjadi peningkatan sebesar 19 point dengan persentase ketuntasan belajar pada Siklus I dan II adalah 44,4% dan 72,2%.
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI BENTUK PANGKAT, AKAR, DAN LOGARITMA SISWA KELAS X SMA ISLAM AL-FALAH JAMBI Aisyah Aisyah; Amrina Rosyada
Nabla Dewantara Vol 2 No 1 (2017): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kajian tentang kemampuan komunikasi matematis siswa. Beragam permasalahan komunikasi matematis siswa belum dieksplorasi sehingga tidak ada perhatian lebih yang diberikan terhadap kemampuan komunikasi matematis tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas X di SMA Islam Al-Falah Jambi. Hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bentuk pangkat, akar, dan logaritma. Dari hasil tes kemampuan komunikasi matematis, sebanyak 50,52% siswa telah mampu menunjukkan pemahaman konsep secara tepat, menggunakan strategi yang tepat, serta alasan yang masuk akal. Ini berarti bahwa sebagian siswa telah memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis yang pertama yaitu tentang strategi/prosedur. Selain itu, sebanyak 60,42% siswa telah memahami penggunaan simbol-simbol matematika secara benar serta menunjukkan perhitungan matematika secara benar. Ini berarti bahwa sebagian besar siswa juga telah memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis yang ke dua yaitu tentang urutan dan organisasi. Pencapaian indikator kemampuan komunikasi matematis yang ke tiga hanya sebanyak 46,88% siswa yang memenuhi. Hal ini mengindikasikan bahwa sebagian besar siswa masih masih kesulitan menggunakan bahasa matematika untuk mengkomunikasikan ide-ide matematika secara tepat.
PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA Dian Apriani
Nabla Dewantara Vol 2 No 1 (2017): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitan adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan koneksi matematis siswa di SMP Negeri 53 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen posttest –only control design. Adapun variabel bebasnya adalah Problem Based Learning dan variabel terikatnya kemampuan koneksi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 53 Palembang tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak yaitu kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol dengan model konvensional. Hasil penelitian mengindentifikasi adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan koneksi matemati siswa di SMP Negeri 53 Palembang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, peneliti menyarankan agar model pembelajaran Problem Based Learning dapat diterapkan dan dijadikan alternatif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.
KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROBLEM SOLVING MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII Dinal 'Ulya; Purwoko Purwoko; Trimurti Saleh
Nabla Dewantara Vol 2 No 1 (2017): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal cerita di kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII.3 dan VIII.4 yang masing-masing terdiri dari 30 siswa di SMP Negeri 1 Palembang. Pengumpulan dan analisis data berupa tes yang berisi soal problem solving. Tes dilaksanakan sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan metakognitif. Data pretest untuk melihat kemampuan awal siswa sedangkan data posttest digunakan untuk mengetahui kemampuan metakognisi siswa. Analisis data yang digunakan adalahanalisis data deskriptif dengan rata-rata 86,7. Dapat disimpulkan bahwa terdapat kemampuan metakognisi siswa SMP Negeri 1 dalam menyelesaikan soal problem solving pada materi kubus dan balok tergolong baik.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 22 PALEMBANG Noviani Ariyandika; Rohana Rohana; Jayanti Jayanti
Nabla Dewantara Vol 2 No 1 (2017): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian menggunakan metode Disain Kelompok Kontrol Hanya Postes. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 22 Palembang Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini melibatkan 38 orang siswa kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan 36 orang siswa kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk uraian sebanyak 5 soal. Analisis data yang digunakan dengan uji-t, sebelum dilakukan uji-t terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data dan homogenitas data. Hasil analisa data tes dengan menggunakan uji-t, dan hasilnya rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada materi kubus dan balok lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 22 Palembang.