Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui hasil belajar matematika siswa denganmenggunakan media kartu permainan trigonometri. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan kartu permainan trigonometri lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Tamansiswa Palembang, dengan subjek penelitian 20 orang pada kelas eksperimen dan 20 orang pada kelas kontrol. Analisis data hasil belajar siswa diolah dengan uji-t menggunakan data tes akhir belajar. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 5,529 dan ttabel = 2,024 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05),karena thitung> ttabel yang menunjukkan bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai hasil belajar yang berbeda, maka tolak H0 dan terima H1. Ini berarti hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media kartu permainan trigonometri lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Copyrights © 2018