Buletin Literasi Budaya Sekolah
Vol. 2, No. 1, Juli 2020

PENGARUH EKSTRAKULIKULER CODING PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUNA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINGKING DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO

Ramadhan, Dafa Rizki Purna (Unknown)
Rosyada, Aulia Qisthi (Unknown)
Marliza, Widya (Unknown)
Kasatri, Dinda Eya Putri (Unknown)
Yuliana, Irma (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2020

Abstract

Sebagian besar dari kita tidak tahu mengenai apa yang membuat smartphone, laptop, social media, dan video game kita dapat berjalan. Pengetahuan pemrograman dasar atau coding dapat mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi yang kita gunakan setiap hari, dan dapat membuka mata kita pada kemungkinan pengkodingan yang tak terbatas. Setelah melakukan observasi di Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Solo, sekolah memberikan pembelajaran Coding kepada para siswa yang merupakan tanggapan dari kemajuan teknologi informasi di masa kini, melihat dari para siswa yang telah mengenal gadget, games, bahkan apps, sekolah merasa perlu adanya penyaluran ketertarikan para siswa terhadap kemajuan teknologi dengan memberikan pembelajaran Coding for Kids. Dengan adanya program pembelajaran Coding ini anak akan memiliki kemampuan computational thinking, Complex Problem Solving, Limitless Imagination dan Creativity. Dengan kemampuan computational ini anak dapat mengkomunikasikan pikiran dengan cara logika dan terstruktur, seperti instruksi yang diberikan ke komputer, sehingga nantinya dapat digunakan untuk memecahkan masalah dengan bantuan teknologi yang didasari oleh computer.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

blbs

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

BULETIN LITERASI BUDAYA SEKOLAH, merupakan buletin daring berkategori akses terbuka yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta dan dipublikasikan oleh Muhammadiyah University Press (MUP). Program Gerakan Literasi Nasional (GLN) merupakan salah satu ...