cover
Contact Name
Laili Etika rahmawati
Contact Email
Laili.Rahmawati@ums.ac.id
Phone
+6282241511300
Journal Mail Official
blbs@ums.ac.id
Editorial Address
Jalan Ahmad Yani Pabelan, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, 57162
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Buletin Literasi Budaya Sekolah
ISSN : 27218422     EISSN : 27218422     DOI : 10.23917/blbs
BULETIN LITERASI BUDAYA SEKOLAH, merupakan buletin daring berkategori akses terbuka yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta dan dipublikasikan oleh Muhammadiyah University Press (MUP). Program Gerakan Literasi Nasional (GLN) merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang harus didukung. Salah satu bentuk dukungan untuk menyukseskan gerakan tersebut adalah dengan mewadahi keluaran aktivitas-aktivitas pendukung GLN dalam bentuk karya ilmiah yang diterbitkan dalam buletin ini. Buletin ini menerbitkan karya ilmiah yang merupakan keluaran kegiatan gerakan literasi sekolah (GLS) yang terdiri atas enam literasi dasar, yaitu literasi baca-tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, literasi digital, dan literasi budaya dan kewargaan. Secara spesifik, Buletin Literasi Budaya Sekolah ini juga menerima artikel ilmiah keluaran Program Pengenalan Lapangan Persekolahan I (PLP I) dan Magang Observasi Persekolahan. Topik pembahasan artikel yang diterbitkan mencakup kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan seremonial-formal di sekolah, kegiatan-kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, serta praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 93 Documents
Optimalisasi Sekolah dalam Menghadapi UNBK Tahun 2019 di SMK Negeri 3 Sukoharjo Mahmudah, Siti; Bekti, Rahayuning Dyah Dwi; Febriyan, Rahmad; Siwi, Maharani Pamungkas; Sari, Dhany Efita
Buletin Literasi Budaya Sekolah Vol. 1, No. 2, Desember 2019
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/blbs.v1i2.10877

Abstract

Penyelenggaraan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pertama kali diselenggarakan pada tahun 2014. Dari berbagai SMK yang ada di Sukoharjo yang mengikuti UNBK salah satunya adalah SMK Negeri 3 Sukoharjo, dalam persiapan UNBK dipandang dari segi infrastruktur dituntut agar fasilitasnya memadai dari kuantitas ruang yang digunakan, ketersediaan suplai tegangan listrik, sampai pada kebutuhan perangkat komputer yang diperlukan. Dari segi pemahaman materi yang diterima oleh siswa dilakukan pembahasan soal-soal di spm, simulasi, praktek manual dan praktek myob. Semua persiapan ini dilakukan untuk mematangkan para peserta didik,supaya nanti pada waktu pelaksanaaan UNBK berjalan lancar dan meraih nilai baik,serta sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah sudah siap.
PENGGUNAAN GAWAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMK NEGERI 8 SURAKARTA Wardhani, Puspita Indra; Nisa, Shelviana Khoirun; Ratnakannyaka, Illiyyin Wasistha; Damayanti, Laksitha; Sari, Denisa Elvina
Buletin Literasi Budaya Sekolah Vol. 2, No. 2, Desember 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/blbs.v2i2.12844

Abstract

Children with special needs (ABK) are individuals who have different characteristics from individuals physically, intellectually and emotionally. Children with special needs need special education and services to optimize their potential in learning activities. Gadgets as one of the learning media that have many advantages can help children with special needs in the learning process. The purpose of this study was to determine whether the media (gadgets) can create effective learning activities for students with special needs in the classroom. This study uses qualitative methods by observing learning activities for English subjects for 2 weeks. The results showed that the use of devices by students with special needs can make it easier for students to access subject matter and help to do assignments from the teacher.
PENGARUH EKSTRAKULIKULER CODING PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUNA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINGKING DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO Ramadhan, Dafa Rizki Purna; Rosyada, Aulia Qisthi; Marliza, Widya; Kasatri, Dinda Eya Putri; Yuliana, Irma
Buletin Literasi Budaya Sekolah Vol. 2, No. 1, Juli 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/blbs.v2i1.11616

Abstract

Sebagian besar dari kita tidak tahu mengenai apa yang membuat smartphone, laptop, social media, dan video game kita dapat berjalan. Pengetahuan pemrograman dasar atau coding dapat mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi yang kita gunakan setiap hari, dan dapat membuka mata kita pada kemungkinan pengkodingan yang tak terbatas. Setelah melakukan observasi di Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Solo, sekolah memberikan pembelajaran Coding kepada para siswa yang merupakan tanggapan dari kemajuan teknologi informasi di masa kini, melihat dari para siswa yang telah mengenal gadget, games, bahkan apps, sekolah merasa perlu adanya penyaluran ketertarikan para siswa terhadap kemajuan teknologi dengan memberikan pembelajaran Coding for Kids. Dengan adanya program pembelajaran Coding ini anak akan memiliki kemampuan computational thinking, Complex Problem Solving, Limitless Imagination dan Creativity. Dengan kemampuan computational ini anak dapat mengkomunikasikan pikiran dengan cara logika dan terstruktur, seperti instruksi yang diberikan ke komputer, sehingga nantinya dapat digunakan untuk memecahkan masalah dengan bantuan teknologi yang didasari oleh computer.
STAND PHOTOBOOTH MARVELOUS CENTURY SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SMK N 1 PEDAN Khasanah, Evanur; Dimassyah, Fernanda Choirul; Rahayu, Sri
Buletin Literasi Budaya Sekolah Vol. 2, No. 1, Juli 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/blbs.v2i1.11607

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan sekolah yang mempersiapkan lulusan yang kompeten sesuai bidang keahliannya dengan meningkatkan keterampilan siswa. Perayaan Hari Ulang Tahun SMK N 1 Pedan Kabupaten Klaten yang ke-52 dengan nama Marvelous Century menjadi wadah bagi siswa untuk menyalurkan bakat dan minatnya. Seperti yang dilakukan oleh siswa kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak SMK N 1 Pedan untuk dapat berkarya dengan menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan kreativitasnya melalui stand photobooth. Stand Photobooth ini yang menarik minat warga sekolah untuk mendukung usaha siswa kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Adanya perkembangan teknologi salah satunya adalah berfoto untuk mengabadikan setiap momen untuk diunggah ke sosial media. Hal ini mendukung siswa kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak untuk lebih kreatif dalam berwirausaha dengan membuka jasa foto pada stand photobooth. Tujuan artikel ini untuk menjelaskan stand photobooth Marvelous Century sebagai upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa SMK N 1 Pedan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa stand photobooth Marvelous Century dapat meumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak.
Pengembangan Pola Pikir Rasional dan Objektif dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Scientific Susanto, Muhammad Yudi; Mumpuni, Asih Dwi; Fadhilah, Ika Nur
Buletin Literasi Budaya Sekolah Vol. 1, No. 1, Juli 2019
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/blbs.v1i1.9302

Abstract

Upaya dalam meningkatkan pendidikan tidak lepas dari pengaruh guru dan siswa di dalam proses pembelajaran. Guru adalah komponen yang sangat berpengaruh terhadap proses belajar. Siswa juga merupakan subjek di dalam pembelajaran, maka dari itu keduanya merupakan komponen yang penting. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kartasura dengan subjeknya berupa pelaksana kegiatan pembelajaran yaitu guru dan siswa. Fokus penelitian pada penggunaan metode pendekatan scientific di dalam proses pembelajaran yaitu dengan cara mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan untuk mengembangkan pola berpikir rasional dan objektif. Pembelajaran IPA Terpadu merupakan salah satu pembelajaran yang mengacu pada aspek berpikir yang rasional dan objektif. Hal itu disebabkan karena di dalamnya terdapat tahapan yang mendorong siswa untuk berpikir secara ilmiah. Pembelajaran IPA Terpadu yang terdiri tiga disiplin ilmu yaitu, ilmu biologi, ilmu kimia, dan ilmu fisika perlu pemahaman yang matang. Jadi, untuk meningkatkan hasil belajar harus ada kaitan antara komponen guru, siswa , metode/pendekatan dan materi pembelajaran.
KONDISI EFEKTIF PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA Rohmatillah, Abidah; Septiani, Aldila; Maysaroh, Efi; Roziaty, Efri; Purnamasari, Indah; Alfianti, Meilinia Nurul
Buletin Literasi Budaya Sekolah Vol. 2, No. 2, Desember 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/blbs.v2i2.12840

Abstract

The writing of this scientific article aims to know the effective condition of learners in the learning process at SMK Muhammadiyah 4 Surakarta. These effective conditions are important things that we should be mindful of. Because it is in this condition that students are able to receive science delivered by teachers easily. To achieve this situation, a teacher should take into account what factors affect the learning process, what a student needs during the learning process. So with this research we observe to know what is the effective condition of learners in the learning process. We use qualitative method with direct observation and student interviews in the X-Class of pharmacy at SMK Muhammadiyah 4 Surakarta. The results of this study were obtained that most students and teachers have both applied effective learning conditions.
PENGEMBANGAN INOVASI BAHAN AJAR BERBASIS ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES (ESP) GUNA MENINGKATKAN KEAHLIAN KOMPETENSI KOMUNIKATIF SISWA KELAS XI MULTIMEDIA Setyan, Ridlotun Nuvi; Widianingsih, Susan; Nisa, Khoirun; Rahmawati, Nurheny; Subekti, Nur
Buletin Literasi Budaya Sekolah Vol. 2, No. 1, Juli 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/blbs.v2i1.11612

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 9 Surakarta merupakan sekolah kejuruan dengan program paket keahlian Seni Rupa, Kriya dan Teknologi Multimedia ini memiliki luas wilayah kurang lebih 1300m2 dengan jumlah guru serta karyawan sebanyak 155 orang. Pengklasifikasian guru ini didasarkan pada mata pelajaran sesuai program paket keahlian yang diampu. Guru Bahasa Inggris sendiri disini diklasifikasikan dalam Guru Umum. Terkait dengan pembelajaran Bahasa Inggris, sekolah ini mengacu pada kurikulum 2013. Dalam kurikulum 2013, silabus yang tertulis masih bersifat umum. Jika ditilik dengan kebutuhan siswa SMK yang terdiri dari berbagai program keahlian berbeda-beda yang selayaknya membutuhkan acuan lebih, maka perlu adanya pembenahan syllabus dan bahan ajar. Siswa SMK jurusan Multimedia membutuhkan genre atau karakter materi yang berbeda dengan siswa SMA/MA. Materi yang ditawarkan kepada siswa SMK hendaklah relevan dengan prinsip Multimedia. Hasil dari observasi ini adalah berupa bahan ajar sebagai pelengkap buku utama yang digunakan oleh SMK yang sesuai dengan kurikulum 2013 khusus untuk kelas XI yaitu jurusan Multimedia. Kesimpulan dari observasi ini adalah bahwa pengembangan buku ajar masih sangat diperlukan untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hal ini dikarenakan kurikulum SMK masih disamakan dengan kurikulum SMA. Pada kenyataannya, kebutuhan siswa SMK sangatlah berbeda dengan kebutuhan siswa SMA/MA. Siswa SMK lebih membutuhkan mata pelajaran yang berkaitan dengan kosa-kata pengembangan teknologi sesuai prinsip Multimedia dan bahasa komunikatif yang diperlukan dalam dunia kerja.
Studi Kasus Pengaruh Penggunaan Bahasa Jawa dalam Kegiatan Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kalangan Siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Vinansih, Shindy Tresna; Ratnasari, Hesti; I, Istanto
Buletin Literasi Budaya Sekolah Vol. 1, No. 2, Desember 2019
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/blbs.v1i2.10878

Abstract

Bagi sebagian besar penutur bahasa Indonesia, bahasa daerah merupakan bahasa ibu atau bahasa pertama dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini mengakibatkan pengaruh pada saat mereka menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini pula dapat dijumpai di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Mayoritas siswa di sekolah tersebut adalah penutur bahasa Jawa. Kebiasaan menggunakan bahasa Jawa tersebut membuat siswa sering kali menggunakan bahasa daerah yakni, bahasa Jawa dalam proses pembelajaran, khususnya ketika kegiatan pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh bahasa ibu terhadap bahasa Indonesia dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya di sekolah tersebut serta memberi pemahaman serta kesadaran pentingnya penggunaan bahasa Indonesia. Artikel ini ditulis berdasarkan hasil observasi langsung yang dilaksanakan dalam kurun waktu 2 minggu serta bersumber dari beberapa referensi seperti jurnal,buku dan lain sebagainya. Keterbiasaan menggunakan bahasa jawa dalam kehidupan sehari-hari, tentunya menimbulkan dampak positif maupun dampak negatif. Namun, guru sendiri harus mempunya cara agar siswanya mampu secara konsisten dan tepat dalam menggunakan bahasa Indonesia. Oleh karena itu, penguasaan kedua bahasa tersebut seharusnya bisa diseimbangkan, agar kelak anak mampu menjadi seseorang yang dapat berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk merealisasikan keseimbangan itu maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DATABASE, MAIL SERVER DI SEKOLAH SMKN 9 SURAKARTA Prakoso, Luxman Aji; Almisfalah, Abu Qosim; Kurniawan, endra Arief
Buletin Literasi Budaya Sekolah Vol. 2, No. 2, Desember 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/blbs.v2i2.12845

Abstract

In improving the quality of student skills in the process of learning databases, mailserver at SMKN 9 SURAKARTA, schools not only depend on the quality of managers but also improvement of management systems and the development of students' ability to apply database concepts. Mastery of database concepts is very important in order to improve student skills and improve student creativity in developing websites and improving the quality or ability of students so they can compete in the world of work. The database is one of the important components in information systems, with the information system it will provide accurate, timely and relevant information for its users so that it can be used for decision making. Teacher strategies in improving Database skills at SMKN 9 SURAKARTA, in delivering the teacher's material, first explain and explain clearly and hatefully then give examples of outputs from the database program, so students will try to be more competitive and efficient and try to improve skills in learning databases the.
REALISASI GERAKAN LITERASI DIGITAL SEBAGAI IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI NASIONAL DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH PANGKALAN BUN Putri, Izzah Iswara Mundhofir; rmiyanti, rmiyanti; Ningsih, Endang Rahayu
Buletin Literasi Budaya Sekolah Vol. 2, No. 2, Desember 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/blbs.v2i2.12836

Abstract

The problem of this research is how the realization of the digital literacy movement as a form of implementation of GLN in Muhammadiyah Pangkalan Bun School and what factors influence the implementation of digital literacy at Muhammadiyah Pangkalan Bun School. This research method is descriptive qualitative, which describes factually the factors that influence the implementation of digital literacy at Muhammadiyah Pangkalan Bun School. Data collection was carried out by means of observation, interview and questionnaire distribution. The data analysis of this research was carried out inductively, namely the analysis technique that went from fact to theory. This study uses theoretical triangulation, which is to double-check the validity of the research data with existing related theories. The results of this study indicate that digital literacy at Muhammadiyah Pangkalan Bun School is realized in the form of hardware such as laptops, projectors, speakers, and WiFi. Several factors influence the implementation of digital literacy, namely: (1) The location of the school which is the access in and out of the general public. (2) The location of the school which is one area with a lower level of school (TK ABA, SD Muhammadiyah Pangkalan Bun, SMP Muhammadiyah Pangkalan Bun). (3) Different students' backgrounds.

Page 1 of 10 | Total Record : 93