Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2021)

Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Anak Usia Dini

Nahrowi Adjie (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia)
Suci Utami Putri (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia)
Finita Dewi (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2020

Abstract

Matematika tumbuh dan berkembang dari kehidupan sehari-hari, karena itu belajar matematika harus dapat dikaitkan dalam kehidupan nyata. PMR dapat menjembatani sifat matematika yang abstrak menjadi lebih nyata dan terasa manfaatnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendekatan PMR terhadap peningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa Pendidikan Anak Usia Dini. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dalam model Penelitian Subjek Tunggal dengan dua sampel. Disain yang digunakan adalah model A-B-A pada aspek perkembangan kognitif matematika. Hasil penelitian adalah: (1) Kedua subjek sebelum adanya perlakuan menunjukkan kemampuan koneksi matematika yang rendah; (2) Kegiatan pembelajaran dengan pendekatan PMR efektif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika subjek penelitian; dan (3) Kondisi kedua subjek setelah diberikan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) menunjukkan kemampuan koneksi matematika berada pada kategori sangat baik. Secara umum dapat disimpulkan bahwa PMR telah berkontribusi dalam peningkatan hasil belajar siswa dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...