Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 2 (2020)

Identifikasi Kesiapsiagaan Guru PAUD sebagai Upaya Pengurangan Risiko Bencana Banjir di Bandung

Euis Kurniati (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia)
Vina Adriany (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia)
Mirawati Mirawati ({Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia)
Ridha Marissa El-Seira (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia)
Ina Winangsih (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2020

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana sikap kesiapsiagaan guru yang tinggal di daerah kawasan rawan bencana banjir sebagai upaya pengurangan risiko bencana banjir. Banjir merupakan salah satu potensi bencana yang sering terjadi di Bandung dengan curah hujan yang tinggi. Penelitian sebelumnya menunjukkan banyaknya kerugian yang disebabkan oleh bencana banjir. Penelitian ini menggunakan studi kasus, dengan melakukan observasi, wawancara, dan forum group discussion untuk mendalami pandangan guru PAUD tentang bancana banjir dan kesiapsiagaan guru PAUD terhadap bencana banjir. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAUD sudah memiliki kesadaran akan potensi bencana banjir di wilayahnya, begitu juga dengan berbagai faktor yang bisa menyebabkan banjir. Kesiapsiagaan guru terkait bencana dilakukan melalui pemberian informasi pada orang tua siswa terkait potensi banjir upaya yang dapat dilakukan orang tua ketika banjir terjadi. Adapun upaya mitigasi yang dimasukkan dalam program sekolah baru terbatas pada pengenalan bencana banjir dalam pembelajaran bagi anak usia dini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...