Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 2 (2020)

Pembelajaran Tahfidz sebagai Media Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab pada Anak Temper Tantrum

Monita Nur Shabrina (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta)
Nur Azizah (Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta)
Muhammad Zuhad Rifqi (Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2020

Abstract

Tanggung jawab merupakan karakter penting yang harus dimiliki oleh setiap individu, tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus. Pendidikan karaker tanggung jawab pada anak berkebutuhan khusus dapat dilakukan dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara yang digunakan untuk menumbuhkan karakter tanggung jawab pada anak temper trantrum dalam pembelajaran Tahfidz di Yayasan Islam Ar-Ruhama Kabupaten Kuningan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumen, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menarik tema. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan karakter tanggung jawab untuk anak dengan temper trantrum dalam pembelajaran Tahfidz dilakukan dengan rutinitas pembelajaran tahfidz, diberikannya tugas mandiri, adanya daftar ceklist (mutabaah), diberikan kesempatan memimpin, dan adanya bintang prestasi sebagai reward.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...