Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai pada keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Paloh, disebabkan yaitu siswa masih kurang menguasai kalimat yang akan digunakan dalam menulis serta siswa belum memahami dalam penulisan tanda baca. Tujuan secara khusus yang ingin dicapai oleh peneliti yaitu Peningkatan hasil, Keterlaksanaan, Respon siswa setelah menerapkan strategi pembelajaran student recap untuk keterampilan menulis berita pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Paloh. Bentuk penelitian ini pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-postest. Dalam rancangan penelitian ini dilakukan pengukuran berupa pretest kemudian diberikan perlakuan dengan jangka waktu tertentu, kemudian dilakukan pengukuran berupa posttest. Instrumen tes berupa tes essai yang telah diuji cobakan dengan reliabilitas 0,63 kriteria tinggi. Berdasarkan perbandingan tes awal (pretest) sebelum perlakuan dan tes akhir (posttest) setelah diberi perlakuan dengan strategi pembelajaran aktif tipe student recap diperoleh hasil nilai siswa posttest lebih tinggi dari nilai pretest, sehingga dieroleh nilai N-gain sebesar 0,49 dengan kriteria sedang. Keterlaksanaan strategi pembelajaran aktif tipe student recap pada materi menulis berita secara singkat, padat, dan jelas memperoleh nilai sebesar 91,17%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan materi menulis berita secara singkat, padat, dan jelas dengan menulis berita melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe student recap di kelas VIII B SMP Negeri 2 Paloh dapat dikatakan meningkat.
Copyrights © 2020