PRISMA
Vol 8, No 2 (2019): Jurnal PRISMA Volume 8, No 2 tahun 2019

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS)

Tuti Artika (Universitas Suryakancana)
Karso Karso (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Pemecahan masalah merupakan bagian dari pembelajaran matematika yang sangat penting dalam pembelajaran maupun dalam penyelesaiannya. Bedasarkan hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk : 1) mengetahui peningkatan kemempuan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan metode pemebelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan pembelajaran biasa, 2) mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Cianjur, Tahun Pelaaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen jenis kuasi eksperimen dengan desain kelompok pretest-posttest, kontrol non-ekivalen (the non-equivalen pretest-posttes control group desaign). Subjek penelitian ini adalah 55 siswa yang terdiri dari 26 siswa kelas kontrol dan 29 siswa kelas eksperimen yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berbentuk uraian dan angket skala sikap menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakana metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran biasa, 2) sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Kata Kunci : Pemecahan Masalah, Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...