cover
Contact Name
Ari Septian
Contact Email
ariseptian@unsur.ac.id
Phone
+628121428312
Journal Mail Official
ariseptian@unsur.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Suryakancana Jalan Dr. Muwardi Komplek Pasir Gede Raya Cianjur 43216
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
PRISMA
ISSN : 20893604     EISSN : 26144611     DOI : https://doi.org/10.35194/jp.v9i2
Core Subject : Education, Social,
This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, Ethnomatics in Mathematics Learning, Design Didactical in Mathematics Learning, Lesson Study in Mathematics Learning
Articles 200 Documents
PENERAPAN PENDEKATANBRAINSTORMING ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KONEKSI MATEMATIK SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTs TERPADU Maya Siti Rohmah; Indri Herdiman
PRISMA Vol 6, No 2 (2017): Jurnal PRISMA Volume VI, No 2 tahun 2017
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v6i2.121

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran, koneksi matematik dan kemandirian belajar siswa MTs Terpadu yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Brainstorming Round Robin lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalent pre-test and post-test control group design dengan sampel penelitian siswa di salah satu MTs Terpadu di Kabupaten Bandung Barat.Instrumen yang digunakan berupa soal uraiankemampuan penalaran matematik dan koneksi matematik serta angket kemandirian belajar.Data yang diperoleh diolah dengan bantuan software SPSS 22. Hasil menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematik siswa MTs Terpadu yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Brainstorming Round Robin lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Selain itu pencapain kemandirian belajar siswa MTs Terpadu yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Brainstorming Round Robin lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Kata Kunci: Brainstorming Round Robin, penalaran matematik, koneksi matematik, kemandirian belajar
METHOD EFFECT RECIPROCAL TEACHING COMMUNICATION SKILLS OF STUDENTS MATHEMATICAL SMP Eva Julia Fratama
PRISMA Vol 7, No 1 (2018): Jurnal PRISMA Volume VII, No 1 tahun 2018
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v7i1.292

Abstract

This study aims to determine the extent of the influence method Reciprocal Teaching of themathematical communication skills of students SMP. The method used in the study is an experiment, with the research design is pretest-posttest control group. The population in this study were all students of secondary schools in Cianjur, while the sample were students of class VIII SMPN 1 Cikalongkulon randomly selected class. The instrument of this research is the description test communication skills as much as 5 a matter of the problems we had in ujicobakanfirst. Based on the analysis of data obtained with a significance level of 0.05, on to the significance of 0.000  0.05 means that  rejected the conclusions that can be drawn dalah mathematical communication skills of students usingmethod Reciprocal Teaching is better than the mathematical communication skills using methods expository.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING Seni Nuryanti; Epul Saepudin; Masta Hutajulu; Heris Herdiana
PRISMA Vol 8, No 1 (2019): Jurnal PRISMA Volume 8, No 1 tahun 2019
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v8i1.381

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri siswa SMP dengan pendekatan contextual teaching and learning. subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP 10 Padalarang dan sebagai sampel di pilih dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol pada semester genap tahun ajaran 2017-2018. kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dan kepercayaan diri kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas kontrol.Kata Kunci : kemampuan komunikasi matematis, kepercayaan diri, contextual teaching and learning
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) Tuti Artika; Karso Karso
PRISMA Vol 8, No 2 (2019): Jurnal PRISMA Volume 8, No 2 tahun 2019
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v8i2.791

Abstract

Pemecahan masalah merupakan bagian dari pembelajaran matematika yang sangat penting dalam pembelajaran maupun dalam penyelesaiannya. Bedasarkan hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk : 1) mengetahui peningkatan kemempuan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan metode pemebelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan pembelajaran biasa, 2) mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Cianjur, Tahun Pelaaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen jenis kuasi eksperimen dengan desain kelompok pretest-posttest, kontrol non-ekivalen (the non-equivalen pretest-posttes control group desaign). Subjek penelitian ini adalah 55 siswa yang terdiri dari 26 siswa kelas kontrol dan 29 siswa kelas eksperimen yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berbentuk uraian dan angket skala sikap menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakana metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran biasa, 2) sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Kata Kunci : Pemecahan Masalah, Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS)
Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Ana Setiani; Hamidah Suryani Lukman; Suningsih Suningsih
PRISMA Vol 9, No 2 (2020): PRISMA Volume 9, No 2 Tahun 2020
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v9i2.958

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Muhammadiyah Sukabumi tahun ajaran 2019/2020 pada pokok bahasan Statistika. Penelitian tindakan kelas  ini dilakukan di kelas XII IPS Muhammadiyah Sukabumi. Pada siklus pertama pertama belum terlihat peningkatan, disebabkan karena siswa masih belum terbiasa menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis berbantuan Mind Mapping, sedangkan pada siklus II siswa mulai terbiasa menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis berbantuan Mind Mapping dengan baik. Terlihat dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan terlihat dari rata-rata hasil tes sebesar 53,25 pada siklus I menjadi 72,37 pada siklus II. Hal tersebut bisa dilihat dari pecapaian aktivitas belajar siswa pada siklus I  rata-rata sebesar 54,5, pada siklus II rata-rata sebesar 65,19. Dari hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II bisa ditarik kesimpulan penggunaan strategi Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Muhammadiyah Sukabumi.
ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR II (TEORI GELANGGANG) Guntur Maulana Muhammad
PRISMA Vol 6, No 1 (2017): Jurnal PRISMA Volume VI, No 1 tahun 2017
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v6i1.29

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan penalaran matematis mahasiswa dalam mata kuliah Struktur Aljabar II. Hasil dari penelitian ini menjadi dasar untuk perbaikan pembelajaran mata kuliah Struktur Aljabar II kedepan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa tingkat III TA 2016/2017 yang mengambil mata kuliah Struktur Aljabar II pada program studi pendidikan matematika, Universitas Suryakancana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis yang dimiliki mahasiswa tingkat III yang diukur pada proses evaluasi setelah pembelajaran mata kuliah Struktur Aljabar II masih kurang meskipun tidak pada tahapan rendah terbukti pencapaian rata-ratanya hanya 48.23%, sebagian besar mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam menjawab soal pembuktian atau belum terampil dalam membuktikan suatu teorema/proposisi, serta kesalahan yang sering terjadi adalah dalam pengaplikasian  konsep/teorema/pengetahuan sebelumnya untuk menunjukkan suatu hal yang belum terbukti kebenarannya. Kata kunci : Kemampuan Penalaran Matematis, Struktur Aljabar II
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION Titi Nurlaela
PRISMA Vol 7, No 1 (2018): Jurnal PRISMA Volume VII, No 1 tahun 2018
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v7i1.273

Abstract

Penelitian dilaksanakan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X TIK 2 dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan peningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TIK 2 dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode Penelitian Tindakan Kelas sebagai sebuah inovasi pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan praktik pembelajaran di kelas secara berkesinambungan dengan memperlihatkan perkembangan pemahaman siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, siklus dimulai dari rencana (planning), kemudian tindakan (acting), dilanjutkan dengan observasi (observing), tindakan yang telah dilakukan dan diakhiri dengan refleksi (reflecting) untuk memperbaiki rencana penelitian pada siklus berikutnya. Penelitian dilaksanakan di SMKN 1 Cirebon pada kelas X TIK 2 tahun pelajaran 2016/ 2017.  Jumlah siswa di kelas X TIK 2 adalah 35 orang siswa, yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti sendiri yang merupakan guru kelas dan 1 orang obsrever. Secara umum berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students Team Achievement Division) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X TIK 2 SMKN 1 Cirebon.SMK
KONSEPSI SISWA PADA SUATU BENTUK BANGUN RUANG TERKAIT DENGAN RUSUK DAN DIAGONAL SISI Rosilawati Rosilawati; Fiki Alghadari
PRISMA Vol 7, No 2 (2018): Jurnal PRISMA Volume VII, No 2 tahun 2018
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v7i2.459

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsepsi siswa pada bentuk bangun ruang limas terkait dengan panjang semua rusuk yang sama dan memiliki diagonal sisi. Penelitian ini merupakan survei kualitatif. Sampelnya adalah siswa kelas XII-IPS di satu Sekolah Menengah Atas Kabupaten Belitung tahun pelajaran 2018/2019. Siswa menyampaikan konsepsinya dengan cara menjawab pertanyaan survei. Analisis konsepsi siswa difokuskan pada pemahaman konsep dan objek mental bangun ruang yang ada dalam pikirannya. Hasil analisis dari respon siswa menemukan ada tiga tipe konsepsi yang teridentifikasi, yaitu konsepsi siswa yang menunjukkan kesiapan intelektual, konsepsi yang mengarah pada hambatan epistemologis, dan konsepsi yang menunjukan miskonsepsi. Pemahaman pada konsep dasar dan keluasan jaringan informasi konsep menjadi syarat untuk mempelajari konsep lanjutan suatu materi matematika, agar siswa terhindar dari miskonsepsi, sehingga pembelajaran mampu menghadirkan pengalaman konseptual dan perseptual.
MODEL MMP BERBASIS SCAFFOLDING TERPADU EKSTRAKURIKULER PADA PEMBENTUKAN KARAKTER KEMANDIRIAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATERI GEOMETRI Zaenal Abidin
PRISMA Vol 8, No 2 (2019): Jurnal PRISMA Volume 8, No 2 tahun 2019
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v8i2.738

Abstract

Siswa cenderung kesulitan dalam memahami materi geometri sehingga tingkat keberhasilan pada materi ini rendah. Untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran model MMP  berbasis scaffolding terpadu dengan ekstrakurikuler. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid dan praktis, serta pembelajaran yang efektif. Hasil pengembangan sebagai berikut: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid; Silabus dengan skor rata-rata 4,05 (sangat baik); RPP dengan skor 4,12 (sangat baik); LKS dengan skor 4,10 (sangat baik); Buku siswa dengan skor 3,97 (baik); dan tes KPM dengan skor 4,14 (sangat baik); (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis, yaitu: 1) Kemampuan guru mengelola kelas sangat baik (skor 4,05), 2) Respon siswa positif mempunyai skor 84,31; (3) Pembelajaran matematika dinyatakan efektif, yaitu: 1) KPM mencapai ketuntasan; 2) Terdapat pengaruh positif karakter kemandirian dan keterampilan pemecahan masalah terhadap KPM; 3) Terdapat rata-rata KPM antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol; dan 4) Terdapat peningkatan nilai KPM. Peneliti yang melakukan penelitian model  yang dipadukan dengan ekstrakurikuler (atau yang lainnya) harus mempersiapkan tugas secara lebih terarah, sehingga siswa lebih memahami bentuk tugas yang dimaksud.
Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika I Putu Pasek Suryawan; Dodi Permana
PRISMA Vol 9, No 1 (2020): PRISMA Volume 9, No 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v9i1.929

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk memperoleh kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan media pembelajaran pada materi bangun ruang sisi lengkung sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa. Media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan Kurikulum 2013. Model pengembangan yang digunakan adalah Model 4D (define, design, develop, dan disseminate), namun dalam penelitian ini hanya sampai tahap develop. Media pembelajaran ini dibuat menggunakan software Geogebra dan dioperasikan dengan bantuan Schoology. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media pembelajaran yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid, dengan rata-rata skor dari ahli media sebesar 4,2 dan ahli materi sebesar 4,5. Kepraktisan media pembelajaran yang diperoleh melalui pengisian angket respon setelah pembelajaran berada pada kriteria sangat praktis, dengan rata-rata skor dari respon siswa sebesar 4,44 dan respon dari guru sebesar 4,5. Sedangkan, hasil penelitian mengenai efektivitas media pembelajaran yang diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematika siswa menunjukkan bahwa 93,33% siswa berada pada kategori tuntas setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Model 4D, Bangun Ruang Sisi Lengkung, Pemahaman Konsep

Page 1 of 20 | Total Record : 200