PRISMA
Vol 9, No 1 (2020): PRISMA Volume 9, No 1 Tahun 2020

Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika

I Putu Pasek Suryawan (Unknown)
Dodi Permana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk memperoleh kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan media pembelajaran pada materi bangun ruang sisi lengkung sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa. Media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan Kurikulum 2013. Model pengembangan yang digunakan adalah Model 4D (define, design, develop, dan disseminate), namun dalam penelitian ini hanya sampai tahap develop. Media pembelajaran ini dibuat menggunakan software Geogebra dan dioperasikan dengan bantuan Schoology. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media pembelajaran yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid, dengan rata-rata skor dari ahli media sebesar 4,2 dan ahli materi sebesar 4,5. Kepraktisan media pembelajaran yang diperoleh melalui pengisian angket respon setelah pembelajaran berada pada kriteria sangat praktis, dengan rata-rata skor dari respon siswa sebesar 4,44 dan respon dari guru sebesar 4,5. Sedangkan, hasil penelitian mengenai efektivitas media pembelajaran yang diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematika siswa menunjukkan bahwa 93,33% siswa berada pada kategori tuntas setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Model 4D, Bangun Ruang Sisi Lengkung, Pemahaman Konsep

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...