PRISMA
Vol 9, No 2 (2020): PRISMA Volume 9, No 2 Tahun 2020

Meta Analisis Pengaruh Cooperative Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika

Muhammad Khusni Amin (Universitas Pancasakti Tegal)
Isnani Isnani (Unknown)
Paridjo Paridjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan besar pengaruh cooperative learning terhadap prestasi belajar matematika secara keseluruhan, berdasarkan tipe yang digunakan, berdasarkan jenjang pendidikan, berdasarkan media pembelajaran, dan berdasarkan materi yang diajarkan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal rentang tahun 2016 sampai tahun 2019. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan didapatkan 44 skripsi yang sesuai kriteria. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis besaran pengaruh Cohen’s d effect size. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara keseluruhan cooperative learning mampu meningkatkan prestasi belajar matematika dengan nilai effect size sebesar 0,73 pada kategori efek sedang. Dari delapan belas tipe cooperative learning yang digunakan dalam penelitian mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal, yang paling besar pengaruhnya adalah tipe Talking Stick dengan nilai effect size sebesar 1,06 pada kategori efek besar. Penerapan cooperative learning pada jenjang SLTP lebih tinggi besar pengaruhnya dari jenjang SLTA dengan nilai effect size sebesar 0,76 pada kategori efek sedang. Berdasarkan media pembelajaran yang digunakan dalam cooperative learning, aplikasi komputer atau website menunjukkan hasil yang positif dengan nilai effect size sebesar 0,79 pada kategori efek sedang. Materi pelajaran yang memberikan pengaruh paling tinggi dalam cooperative learning adalah lingkaran dengan nilai effect size sebesar 1,07 pada kategori efek besar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...