Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Mande Cianjur. Peneliti menentukan subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Mande, dengan objek penelitiannya adalah penerapan model pembelajaran problem based learning. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sampel sebanyak 34 siswa kelas X IPS 2. Penelitian di laksanakan sebanyak 3 siklus, dan dengan materi yang di ujikan adalah materi fungsi. Pembelajaran dengan materi fungsi pada siklus 1 adalah 28,82. Yang tuntas hanya 1 siswa dengan persentase 2,8%, sedangkan siswa yang belum tuntas ada 33 siswa dengan persentase 97,2%. Peningkatan hasil belajar matematika materi fungsi diperoleh data siswa tuntas pada siklus II ada 21 siswa yang tuntas dengan persentase 61,8%, sedangkan siswa yang belum tuntas ada 13 siswa dengan persentase 38,2%. Pada siklus III terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu siswa yang tuntas menjadi 25 siswa dengan prosentase 75,76%, sedangkan siswa yang belum tuntas 9 siswa dengan presentase 24,24%. Artinya secara keseluruhan kelas dapat dikatakan tuntas.
Copyrights © 2020