PRISMA
Vol 9, No 1 (2020): PRISMA Volume 9, No 1 Tahun 2020

Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning

Soleh, Emma Ratna Anggraini (Unknown)
Setiawan, Wawan (Unknown)
Haqi, Rozadira (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Mande Cianjur. Peneliti menentukan subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Mande, dengan objek penelitiannya adalah penerapan model pembelajaran problem based learning. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sampel sebanyak 34 siswa kelas X IPS 2. Penelitian di laksanakan sebanyak 3 siklus, dan dengan materi yang di ujikan adalah materi fungsi. Pembelajaran dengan materi fungsi pada siklus 1 adalah 28,82. Yang tuntas hanya 1 siswa dengan persentase 2,8%, sedangkan siswa yang belum tuntas ada 33 siswa dengan persentase 97,2%. Peningkatan hasil belajar matematika materi fungsi diperoleh data siswa tuntas pada siklus II ada 21 siswa yang tuntas dengan persentase 61,8%, sedangkan siswa yang belum tuntas ada 13 siswa dengan persentase 38,2%.  Pada siklus III terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu siswa yang tuntas menjadi 25 siswa dengan prosentase 75,76%, sedangkan siswa yang belum tuntas 9 siswa dengan presentase 24,24%. Artinya secara keseluruhan kelas dapat dikatakan tuntas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...