PRISMA
Vol 6, No 2 (2017): Jurnal PRISMA Volume VI, No 2 tahun 2017

ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM PERSAMAAN DIFERENSIAL ORDO SATU

Sendi Ramdhani (Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran analogis mahasiwa pendidikan matematika dan kesulitan yang dihadapi mahasiwa pendidikan matematika dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan penalaran analogis. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian deskriftif kualitatif dimana peneliti melakukan analisis mendalam terhadap kemampuan penalaran analogis mahasiswa berdasarkan jawaban tes yang diberikan. Penelitian ini dilakukan pada 32 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana tahun pelajaran 2016-2017. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) Kemampuan penalaran analogis mahasiswa pendidikan matematika berada pada kategori sangat kurang pada dua soal, yaitu yang berkaitan dengan menentukan solusi umum dari sebuah persamaan diferensial ordo satu homogen dan menentukan solusi khusus dari sebuah persamaan diferensial ordo satu peubah terpisah. Kemudian pada kategori kurang pada dua soal, yaitu yang berkaitan dengan memeriksa sebuah persamaan adalah solusi khusus dari persamaan diferensial ordo satu. Sedangkan berada pada kategori baik pada tiga soal, yaitu menentukan solusi umum dari persamaan diferensial ordo satu eksak dan linear, serta menentukan faktor integrasi; 2) Kesulitan mahasiswa yang dihadapi pada mengidentifikasi skema dasar bentuk persamaan diferensial ordo satu peubah terpisah dan homogen dan langkah-langkah penyelesaian yang dianggap rumit sehingga ketika berhadapan dengan skema baru mereka kesulitan. Kemudian juga yang terkaitan dengan menentukan solusi khusus dan memeriksa bahwa sebuah persamaan adalah solusi khusus dari sebuah persamaan diferensial, karena berhubungan dengan persamaan diferensial ordo satu peubah terpisah.Kata Kunci: Penalaran Analogis, Mahasiwa, Persamaan Diferensial Ordo Satu

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...