Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial
Vol 1, No 1 (2019): Desain Sebagai Strategi dan Inovasi Sosial

Analisis Semiotika Iklan '#ADAAQUA-Momen Gagal Fokus: Zonk'

Alfian Candra Ayuswantana (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Diana Aqidatun Nisa (Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Lutfi Tri Atmaji (Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Teknik dan Desain Institut Teknologi Kreatif Bina Nusantara Malang)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2019

Abstract

Aqua kerap kali sebagai acuan produk-produk air mineral kemasan sejenis bahkan telah menjadi sebuah kata ganti untuk menjelaskan istilah air kemasan apapun mereknya. Aqua sebagai pionir air kemasan senantiasa melakukan upaya untuk melanggengkan hegemoni sebagai air kemasan no. 1 di benak konsumen. Salah satu upaya tersebut adalah dengan memapar konsumen melalui iklan-iklan komersial. Dibanding dengan merek air mineral kemasan lainnya, merek Aqua lebih mendominasi layar iklan televisi Indonesia. Pada tahun 2018 Iklan-iklan aqua mengangkat tema #AdaAQUA, Menarik untuk dikaji lebih jauh bagaimana cara kerja iklan TVC #AdaAQUA dalam membangun image brand yang diinginkannya tersebut. Jawaban dari pernyataan tersebut dianalisis dengan metode semiotika Barthes maupun Pierce. Sebagai hasilnya Aqua mengangkat tema #AdaAQUA dalam rangka membangun brand image dengan cara mengeksploitasi ketakutan akan momen-momen memalukan didepan publik dalam diri seseorang dikarenakan kurangnya konsentrasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JSDIS

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Journal of Design Strategy and Social Innovation is a peer reviewed journal that discusses cutting edge design advancement, strategically and innovatively, in specific areas that drive social change in society. On a greater scale, the journal aims to produce design knowledge that is empowering, ...