cover
Contact Name
Brian Alvin Hananto
Contact Email
brian.hananto@uph.edu
Phone
+6221-5460901
Journal Mail Official
jsdis@uph.edu
Editorial Address
School of Design (Fakultas Desain) Universitas Pelita Harapan Gedung B Lantai 2 School of Design Universitas Pelita Harapan, Lippo Karawaci, Tangerang - 15811 Jl. MH. Thamrin Boulevard 1100 Lippo Village, Tangerang, Indonesia jsdis@uph.edu
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial
ISSN : 27152898     EISSN : 27155129     DOI : http://dx.doi.org/10.37312/jsdis.v2i1
Journal of Design Strategy and Social Innovation is a peer reviewed journal that discusses cutting edge design advancement, strategically and innovatively, in specific areas that drive social change in society. On a greater scale, the journal aims to produce design knowledge that is empowering, liberating, and humanizing, both theoretically and practically. The journal also hopes to influence the national policy on sustainable development that promotes social justice for all of its citizen and on human socio-capital capacity building as the forefront of Indonesia’s strategic development plan.
Articles 73 Documents
Analisis Semiotika Iklan '#ADAAQUA-Momen Gagal Fokus: Zonk' Alfian Candra Ayuswantana; Diana Aqidatun Nisa; Lutfi Tri Atmaji
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial Vol 1, No 1 (2019): Desain Sebagai Strategi dan Inovasi Sosial
Publisher : School of Design Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/jsdis.v1i1.1832

Abstract

Aqua kerap kali sebagai acuan produk-produk air mineral kemasan sejenis bahkan telah menjadi sebuah kata ganti untuk menjelaskan istilah air kemasan apapun mereknya. Aqua sebagai pionir air kemasan senantiasa melakukan upaya untuk melanggengkan hegemoni sebagai air kemasan no. 1 di benak konsumen. Salah satu upaya tersebut adalah dengan memapar konsumen melalui iklan-iklan komersial. Dibanding dengan merek air mineral kemasan lainnya, merek Aqua lebih mendominasi layar iklan televisi Indonesia. Pada tahun 2018 Iklan-iklan aqua mengangkat tema #AdaAQUA, Menarik untuk dikaji lebih jauh bagaimana cara kerja iklan TVC #AdaAQUA dalam membangun image brand yang diinginkannya tersebut. Jawaban dari pernyataan tersebut dianalisis dengan metode semiotika Barthes maupun Pierce. Sebagai hasilnya Aqua mengangkat tema #AdaAQUA dalam rangka membangun brand image dengan cara mengeksploitasi ketakutan akan momen-momen memalukan didepan publik dalam diri seseorang dikarenakan kurangnya konsentrasi.
Studi Desain Halte Bus dan Perilaku Masyarakat Urban di Wilayah DKI Jakarta Amarena Nediari
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial Vol 1, No 1 (2019): Desain Sebagai Strategi dan Inovasi Sosial
Publisher : School of Design Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/jsdis.v1i1.1821

Abstract

Keberadaan halte bus di ibu kota DKI Jakarta telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat urban yang berfungsi memenuhi kebutuhan akan ruang tunggu di jalan raya. Halte menjadi titik pertemuan bagi pengguna serta penyedia jasa transportasi umum baik yang konvensional seperti busway, feeder busway, taksi juga transportasi umum berbasis online seperti ojek online dan taksi online. Halte bus di wilayah DKI Jakarta belum memiliki standarisasi desain. Hal ini memberikan peluang bagi pemerintah DKI Jakarta untuk dapat menata kembali keberadaan dan fungsi halte sebagai fasilitas umum. Saat ini halte bus dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk berbagai kepentingan. Perilaku pengguna halte bus berdampak terhadap lingkungan di sekitar halte yang menjadi tidak teratur, tidak tertib terutama pada waktu tertentu seperti jam masuk kerja dan jam pulang kerja. Hal yang menarik untuk dipelajari lebih lanjut adalah bagaimana perilaku pengguna memanfaatkan halte tidak hanya sebagai tempat menunggu, namun juga sebagai media bertransaksi untuk kepentingan individu. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan terhadap pengguna halte, mengunjungi lokasi halte serta mendokumentasikan aktifitas di halte bus dan sekitarnya dilanjutkan dengan analisa dan kesimpulan merupakan metode penelitian yang dilakukan. Artikel ini diharapkan dapat memberikan referensi akan desain halte bus agar memiliki fungsi sebagaimana mestinya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat urban di wilayah DKI Jakarta.
Pemanfaatan Limbah Ampas Kopi Menjadi Bahan Komposit Sebagai Bahan Dasar Alternatif Pembuatan Produk Dompet Purwanto - Purwanto; Gilang Diasmara
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial Vol 1, No 2 (2020): Melihat Kemungkinan Desain Sebagai Strategi dan atau Pendorong Inovasi Sosial
Publisher : School of Design Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/jsdis.v1i2.2351

Abstract

Penelitian ini mengangkat isu lingkungan dengan pengolahan limbah kopi menjadi bahan baru berupa komposit untuk mendapatkan nilai tambah dengan menghasilkan karya produk desain dompet. Disamping itu juga mengatasi dampak lingkungan dari limbah kopi yang menimbulkan bau tidak sedap apalagi saat hujan dan tanah menjadi hitam. Jenis limbah kopi yang diteliti adalah limbah ampas kopi sisa minuman para penjual kopi atau kedai kopi di Yogyakarta. Metode penelitian dengan eksperimen pengolahan limbah ampas kopi menggunakan teknik komposit menghasilkan bahan dasar alternatif dengan proses pemanasan dan penuangan. Adapun komposisi bahan yang digunakan adalah limbah ampas  kopi sebagai bahan dasar utama dengan komposisi 8,5 gram, sebagai bahan matrik 7 gram gelatin, serat kain kasa dengan variasi 0,5 ; 1 ; 1,5 gram dengan ukuran 17 cm x 12 cm. Agar komposit mempunyai sifat kuat maka digunakan alginat 3%, 7%, 14% dari berat gelatin, serta bahan gliserol sebagai pengatur tingkat kekerasan dengan komposisi 15%, 30%, 45% dan 60% dari berat gelatin. Bahan-bahan tersebut dipanaskan selama 3 menit (temperatur 700 C), setelah itu proses penuangan dalam cetakan yang sudah disusun serat kain kasa di dalamnya. Hasil cetakan komposit dikeringkan selama 24 jam selanjutnya dilakukan uji karakteristiknya meliputi uji pembebanan dan uji degradasi dalam air. Hasil pengujian laboratorium sifat karakteristik terbaik adalah komposit dengan komposisi 8,5 gram limbah ampas kopi, 7 gram gelatin, 45% gliserol, 7% alginat, 0,5 gram (1 lembar) kain kasa. Selanjutnya diaplikasikan untuk membuat dompet dan dompet pada gantungan kunci untuk mengetahui efektifitas dan  sifat elastisitas serta  kemampuan tekuk untuk dijahit dan ternyata hasilnya bisa mudah dijahit dan ditekuk untuk dibentuk.
Membangun Wacana Desain Sebagai Strategi dan (Terus) Melihat Kemungkinan Desain Sebagai Pendorong Inovasi Sosial Martin Luqman Katoppo
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial Vol 1, No 2 (2020): Melihat Kemungkinan Desain Sebagai Strategi dan atau Pendorong Inovasi Sosial
Publisher : School of Design Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/jsdis.v1i2.2397

Abstract

PENGEMBANGAN COMMERCIAL STREET BAGI PEDESTRIAN DI RUANG KORIDOR JALAN KOTA TUA JAKARTA Clarice Alverina; Felia Srinaga; Susinety Prakoso
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial Vol 2, No 1 (2020): Desain Sebagai Strategi Pendorong Inovasi Sosial? Mungkin!
Publisher : School of Design Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/jsdis.v2i1.2564

Abstract

Jalan merupakan ruang publik yang memiliki persentase terbesar dalam suatu kota dan menjadi pusat aktivitas pergerakan manusia khususnya bagi pedestrian. Di Indonesia, isu mengenai jalur pedestrian belum dapat diatasi dengan baik. Isu ini dapat dilihat pada kawasan Fatahillah, Kota Tua Jakarta yaitu tepatnya pada Jalan Cengkeh. Jalan Cengkeh terletak di antara Lapangan Fatahillah dan fasilitas parkir. Saat ini, jalan dan jalur pedestrian tidak memiliki daya tarik dan tidak menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. Keadaaan ini didukung pula dengan bangunan sekitarnya yang memiliki kondisi serupa. Pada negara-negara lain salah satu pengelolaan jalan yang sudah terbukti berhasil menarik aktivitas pengunjung adalah pengelolaan commercial street. Pengelolaan commercial street banyak dilakukan pada jalan yang sudah memiliki konektivitas yang baik dan berada pada posisi yang strategis. Melalui hal tersebut, pengelolaan ini dipilih sebagai pengembangan jalan pada Jalan Cengkeh. Melihat permasalahan yang ada, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui elemen dan kriteria bagi keberhasilan sebuah commercial street, aktivitas apa yang perlu dikembangkan pada sebuah jalan serta bagaimana penerapannya pada jalur pedestrian di Kota Tua Jakarta.  Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui studi literatur, studi preseden dan observasi lapangan. Penelitian ini menghasilkan tiga elemen utama dan delapan kriteria jalan untuk menciptakan jalan komersil yang menarik/hidup dan baik/nyaman. Elemen utama terdiri dari elemen jalan, elemen commercial building, dan elemen jalur pedestrian. Kriteria jalan adalah imageability, human scale, enclosure, aman, nyaman, daya tarik, transparansi dan interaktif. Aktivitas yang terjadi pada commercial street berupa aktivitas berdasarkan postur, berdasarkan kebutuhan dan berdasarkan perilaku. Penelitian ini juga menghasilkan 3 konsep perancangan yang merupakan solusi bagi pengembangan Jalan Cengkeh menjadi commercial street yaitu konsep jalan, konsep commercial building, dan konsep jalur pedestrian.
Menelaah Dimensi Desain Sebagai Strategi Pendorong Inovasi Sosial Martin Luqman Katoppo
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial Vol 2, No 1 (2020): Desain Sebagai Strategi Pendorong Inovasi Sosial? Mungkin!
Publisher : School of Design Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/jsdis.v2i1.2811

Abstract

Desain Sebagai Strategi dan Inovasi Sosial Martin Luqman Katoppo
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial Vol 1, No 1 (2019): Desain Sebagai Strategi dan Inovasi Sosial
Publisher : School of Design Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/jsdis.v1i1.1955

Abstract

Peningkatan Kualitas Ruang Penghubung Antar Taman Kota Dengan Membangun Interaksi Sosial Alvar Mensana; Felia Srinaga; Angie Halim
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial Vol 1, No 1 (2019): Desain Sebagai Strategi dan Inovasi Sosial
Publisher : School of Design Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/jsdis.v1i1.1838

Abstract

Ruang publik berupa taman kota di Jakarta masih belum secara optimal digunakan sebagai ruang interaksi dan sosialisasi warga. Beberapa pemanfaatan taman kota yang berdekatan memiliki potensi untuk saling berkontribusi dalam meningkatkan interaksi sosial. Untuk itu peningkatan kualitas ruang penghubung antar taman sebagai ruang interaksi sosial dan pengembangan ruang publik kota perlu ditingkatkan. Taman kota yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah Taman Menteng dan Taman Suropati pada kawasan Menteng Jakarta Pusat. Kedua taman ini memiliki fungsi yang berbeda akan tetapi letaknya yang berdekatan berpotensi untuk saling berinteraksi melalui ruang penghubung antara kedua taman. Permasalahan dalam penelitian ini adalah koridor penghubung kedua taman ini tidak hidup/tidak permeable, bahkan cenderung sepi, sehingga membuat tidak adanya expanded public space yaitu pengembangan koridor ruang publik diantara kedua taman tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi dari ruang publik di antara kedua taman tersebut guna mengembangkannya menjadi ruang penghubung yang dapat meningkatkan interaksi sosial dan kualitas taman kota yang baik. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengajukan dua buah pertanyaan penelitian, yaitu: 1) Apa kriteria untuk membuat ruang penghubung/koridor yang permeable, 2) Bagaimana penerapan kriteria tersebut dalam perancangan ruang penghubung taman kota yang dapat meningkatkan interaksi sosial. Metode penelitian ini menggunakan kajian literatur guna mengetahui kriteria kualitas dari taman kota yang baik, ruang jalan, dan aktivitas dalam ruang publik yang mendukung interaksi sosial. Observasi dan analisis deskriptif di lapangan dilakukan untuk menemukan aktivitas keseharian yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai pengisi ruang penghubung taman dalam meningkatkan interaksi sosial diantara kedua taman. Hasil dari penelitian ini merupakan sebuah konsep dan rancangan arsitektural pada ruang jalan penghubung antara dua taman berbeda fungsi yang mampu mempromosikan terjadinya interaksi sosial.
Nilai-nilai Desain Dalam Praktik dan Berpikir Desainer: Filosofi "Jalan Kayu" Barata Sena Tri Noviyanto P Utomo; Yusita Kusumarini
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial Vol 1, No 2 (2020): Melihat Kemungkinan Desain Sebagai Strategi dan atau Pendorong Inovasi Sosial
Publisher : School of Design Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/jsdis.v1i2.1829

Abstract

Dalam paradigma baru tentang peran dan tanggungjawab desainer menyatakan bahwa tidaklah cukup bagi desainer hanya membuat gambar dan memproduksi karya desain saja. Desainer  juga perlu memproduksi, membangun serta menciptakan nilai-nilai desain di dalam setiap karya yang diciptakannya. Bagaimana membangun tanggungjawab dan memproduksi nilai-nilai desain secara kongkrit bagi desainer saat ini menjadi topik bahasan yang penting untuk dielaborasi lebih lanjut. Melalui studi kasus yang dilakukan terhadap salah satu desainer produk interior/furnitur yang cukup unik di kota Solo, penelitian ini akan menggambarkan dan menganalisa secara deskriptif bagaimana seorang Barata Sena dengan kerangka berpikir filosofisnya yang dikenal sebagai “Jalan Kayu” membangun serta memproduksi nilai-nilai desain melalui perancangan produk Art Furniture. Nilai-nilai desain yang tertanam dari filosofi “Jalan Kayu” yaitu “menerima, memberi dan melepaskan” ternyata sejalan dengan pemikiran Papanek tentang nilai sosial dan moral desainer dalam praktik-praktik perancangan yang menekankan fungsi produk dan tanggungjawab desainer terhadap kesejahteraan dan kemanusiaan. Nilai-nilai desain ini juga beririsan serta bermuara pada konsep besar dari Triple Botton Line of Design (Planet, People, Profit) sebagai tujuan besar sustainable development global.
Halaman Depan JSDIS Volume 1 Edisi 1 Brian Alvin Hananto
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial Vol 1, No 1 (2019): Desain Sebagai Strategi dan Inovasi Sosial
Publisher : School of Design Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/jsdis.v1i1.2398

Abstract