Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial
Vol 1, No 1 (2019): Desain Sebagai Strategi dan Inovasi Sosial

Bermain dan Berkreasi untuk Melatih Perkembangan Anak Usia Dini Menggunakan Puzzle Edukatif dari Bahan Bambu

Purwanto - Purwanto (Universitas Kristen Duta Wacana)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2019

Abstract

Perkembangan  kognitif  merupakan  dasar  bagi  kemampuan anak  untuk berpikir, berkreativitas   dan   berkarya. Dalam pemenuhnan kebutuhan akan perkembangan anak dapat dilakukan dengan bermain sambil berkreasi, karena dengan bermain anak akan menerima pengalaman baru, berimajinasi ide, berinteraksi dengan orang lain, lingkungan dan mulai merasakan dunia mereka. Salah satu permasalahan yang ada di kelompok bermain Amongsiwi di Bantul adalah kurang optimalnya perkembangan kognitif anak-anak dan kurang tersedianya sarana alat peraga edukatif seperti permainan puzzle. Untuk itu dalam penelitian ini bertujuan untuk mengajak anak bermain dan berkreasi untuk mengembangkan kognitis anak menggunakan puzzle edukatif dari bahan bambu yang layak dan ramah lingkungan, apalagi di sekolah ini ada program khusus bermain dan berkreasi setiap hari Jum’at. Dalam  penelitian ini digunakan metode penelitian pengembangan (research and development) dengan melakukan kegiatan meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, membuat desain produk, ujicoba produk, uji pemakaian. Dalam pengumpulan data dilakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa puzzle edukatif yang dirancang secara materi layak untuk diujicobakan, sedangkan hasil  respon anak terhadap penggunaan media puzzle edukatif mencapai 85 % yang ini menunjukkan kategori layak. Selanjutnya berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara selama kegiatan bermain dan berkreasi anak-anak dapat menghasilkan karya produk yang sudah berbentuk bangun misalnya robot-robotan atau mobil-mobilan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media puzzle edukatif dari bahan bambu dapat membantu anak bermain dan berkreasi sebagai salah satu unsur dalam pengembangan kognitif anak dan menghasilkan sebuah alat peraga edukatif yang layak untuk digunakan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JSDIS

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Journal of Design Strategy and Social Innovation is a peer reviewed journal that discusses cutting edge design advancement, strategically and innovatively, in specific areas that drive social change in society. On a greater scale, the journal aims to produce design knowledge that is empowering, ...