Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
Vol 1 No 1 (2019)

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa

Syahriana Syahriana (Unknown)
Muhammad Rusydi Rasyid (Unknown)
Andi Dian Angriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran two stay two stray (TS-TS) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan matematis-logis siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Makassar terdiri dari 13 kelas, yang berjumlah 513 siswa. Penentuan sampel dengan cara purposive sampling, kelas VIII6  sebagai kelas eksperimen sebanyak 40 siswa dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika dan angket kecerdasan matematis-logis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji anova dua jalur. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran two stay two stray berada pada kategori tinggi dengan presentase sebesar 65% dan kecerdasan matematis-logis siswa yang menerapkan model two stay two stray berada pada kategori sedang dengan presentase sebesar 77,5%. Berdasarkan analisis statistik inferensial menggunakan uji anova dua jalur diperoleh hasil bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan matematis-logis siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Makassar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ajme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...