Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
Vol 2 No 1 (2020)

Komparasi Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match dan Think Pair Share Terhadap Hasil dan Minat Belajar Matematika Siswa

Nidya Nina Ichiana (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Sitti Mania (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Aprimayanti Aprimayanti (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan penerapan metode pebelajaran make a match dan think pair share terhadap hasil belajar dan minat belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental dan menggunakan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah kurang lebih 352 siswa, Adapun sampel penelitian yang diambil sebanyak 2 kelas dimana setiap kelasnya berjumlah 32 siswa. Kelas yang menjadi sampel dalam penelitian ini yakni kelas VII A sebanyak 32 siswa dan kelas VII B sebanyak 32 siswa sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 64 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar serta angket untuk mengukur minat belajar siswa. Instrumen terdiri 5 butir soal uraian yang disusun berdasarkan indikator dari kompetensi dasar yang diajarkan serta angket yang terdiri dari 20 butir pernyataan yang disusun berdasarkan indikator dari minat belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji t multivariat. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan secara simultan antara hasil belajar dan minat belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran make a match dan think pair share pada siswa kelas VII SMPN 3 Sungguminasa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ajme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...