Banyak peserta didik cepat bosan saat mengikuti pembelajaran matematika, tidak tertib, dan kurang aktif sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika rendah. Hal yang menyebabkan masalah tersebut adalah proses pembelajaran yang ditetapkan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing reflecting extending (CORE) dengan pendekatan kontekstual pada materi pertidaksaman linear dua variabel untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAK St. Dominikus Tambolaka”. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan metode pre-eksperimental design. dan menggunakan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes yang dianalisis menggunakan program SPSS 20.00. Hasil penelitian diketahui thitung sebesar 30,323 dan ttabel sebesar 2,16 hal ini menunjukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (30,323 lebih besar dari 2,16) pada taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 13. Karena thitung lebih besar dari ttabel sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari model pembelajaran CORE dengan Pendekatan Kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAK St. Dominikus Tambolaka 2019/2020
Copyrights © 2019