Masalah yang dihadapi dan yang peneliti dilakukan adalah berdasarkan latar belakang masalah dapat didefinisikan masalah sebagai berikut :apakah modep pembelajaran TGT Terintegrasi permainan Boi-Boian dapat meningkatkan kompetensi kolaborasi kecakapan abad 21 dalam materi proses penyebaran adama Budha dan Hindu Indonesia di SMA Negeri 1 Wulandoni. Dalam penelitian ini peneliti mengambil data di SMA Negeri 1 Wulandoni yaitu dengan subjek penelitian siswa kelas XII IPA dan IPS, tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa angket dan lembar observasi. Penelitian ini dibantu dengan menggunakan model pembelajaran TGT terintegrasi permainan Boi- boian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada siswa/siswi SMA Negeri 1 Wulandoni dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan yang positif pada penerapan model pembelajaran Team games tournament berbantuan dengan permainan boi-boian untuk meningkatkan kompetensi kolaborasi kecakapan abad 21 terhadap hasil belajar afektif siswa kelas XI IPS SMA NEGERI 1 WULANDONI. Selanjutnya dilakukan pengujian untuk mengetahui pengaruh perbedaan antara nilai pre-test dan nilai post-test kreativitas siswa. Dari hasil pengolahan terlihat bahwa angka signifikansi untuk peubah adalah 0,000. Karena nilainya jauh di bawah 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian treatmen/perlakuan pada siswa dengan model pembelajaran TGT 1.
Copyrights © 2019