Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan metakognitif, secara khusus bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kevalidan produk pengembangan LKPD berbasis pendekatan metakognitif pada materi pola bilangan; 2) Mendeskripsikan kepraktisan produk pengembangan LKPD berbasis pendekatan metakognitif pada materi pola bilangan; 3) Mendeskripsikan keefektifan produk pengembangan LKPD berbasis pendekatan metakognitif pada materi pola bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan metakognitif yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan hasil validasi oleh validator dengan rata-rata validitas RPP adalah 4,19 dengan kategori valid dan rata-rata validitas LKPD adalah 4,43 dengan kategori valid; (2) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan metakognitif pada materi pola bilangan yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan melalui: a) para ahli/validator menyatakan layak diuji cobakan dengan revisi sesuai saran atau tanpa revisi; b) observer menyatakan bahwa keterlaksanaan pembelajaran rata-rata 84,61% dengan kategori baik; (3) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan metakognitif pada materi pola bilangan yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan. (4) Peningkatan pretest dan postest diketahui melalui Gain antara pretest dan posttest yang diperoleh sebesar 0,745 dengan kategori tinggi.
Copyrights © 2020