cover
Contact Name
Nurhasanah Siregar
Contact Email
nurhasanahsiregar@unimed.ac.id
Phone
+6281370702461
Journal Mail Official
fibonacy@unimed.ac.id
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : 27463656     DOI : https://doi.org/10.24114/
Core Subject : Education,
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang Pendidikan Matematika dengan lingkup: Desain Pembelajaran Matematika Pengembangan Bahan Ajar ataupun Model Pembelajaran Media Pembelajaran Matematika Alat Peraga Pembelajaran Matematika Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Evaluasi Pembelajaran Matematika Kurikulum Pendidikan Matematika Teori Belajar Matematika Sejarah dan Filsafat Matematika Analisis Penerapan Model/Pendekatan/Metode/Strategi Pembelajaran Media Pembelajaran berbasis IT Penelitian Tindakan Kelas Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran Matematika Lesson Study Pembelajaran Matematika
Articles 45 Documents
Penerapan Media Pembelajaran Holo-Math (Hologram Mathematics) Dalam Meningkatkan Kemampuan Visual Matematis Siswa Di SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan Alphiyani Lukman; Anisa Putri Hairi; Afifah Rahmi; Azwar Fadli; Siti Balqis Dongoran; Andrea Arifsyah Nasution
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v1i2.21902

Abstract

Kemampuan visualisasi memiliki peran penting dalam pengembangan pemikiran matematis yang berkaitan dengan pemecahan masalah matematika pada topik bangun ruang. Dengan adanya kemampuan visualisasi yang baik siswa dapat menginterpretasikan bentuk-bentuk bangun ruang tersebut sesuai dengan permasalahan yang diberikan. Beberapa penelitian sebelumnya (Syahputra, 2013; Kariadinata, 2010; Isnaini, 2017) yang mengatakan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami objek atau gambar bangun ruang 3D. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan adanya pengaruh media pembelajaran HOLO-MATH (Hologram Mathematics) dalam meningkatkan kemampuan visual matematis siswa di SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan. Dalam penelitian ini penulis menjelaskan secara deskriptif tentang pengaruh hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII yang terdiri dari 27 orang siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE. Pengumpulan data diperoleh dengan Data Triangulation. Hasil dari penelitian ini yaitu terlihat adanya peningkatan dari hasil belajar siswa setelah belajar dengan menggunakan media pembelajaran HOLO-MATH. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari perbandingan hasil pre-test dan post-test siswa yang mengalami peningkatan dari hasil sebelumnya dengan persentase N-Gain sebesar 32,9%. Melalui proses pengerjaan jawaban siswa, terlihat juga kemampuan visual matematis yang meningkat. Dengan demikian terjadi pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan visual matematis siswa ketika menggunakan media pembelajaran HOLO-MATH. [Penerapan Media Pembelajaran Holo-Math (Hologram Mathematics) Dalam Meningkatkan Kemampuan Visual Matematis Siswa Di SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan
PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWAT.A. 2019/2020 Irfan Hilmi; Izwita Dewi
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v1i1.19152

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pendidikan matemati karealistik yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, (2) peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tanjung Morawa melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XII MIA 3 SMA Negeri 1 TanjungMorawa T.A. 2019/2020 yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian adalah penerapan pendidikan matematika realistic untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Berdasarkan hasil tes awal didapatkan tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sangat kurang dengan nilai rata-rata kelas 30 dan hanya 1 siswa atau 3,33% yang mencapai ketuntasan belajar secara individu. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa adalah cukup yaitu dengan nilai 61,94 dan terdapat 10 siswa atau 33,33% yang mencapai ketuntasan belajar dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 2,68 dengan kategori baik. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan siklus II, tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas yaitu 86,39 dengan 26 orang atau 86,66% siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 3,37 dengan kategori baik. Nilai n-gain juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 0,42dalam kategori sedang, sedangkan pada siklus II 0,70 dalam kategori tinggi. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika siswa meningkat dengan menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik di SMA Negeri 1 TanjungMorawa T.A. 2019/2020.
Downfall of The Cartels: Gim Edukasi Terintegrasi Sosialisasi P4GN Badan Narkotika Nasional Sebagai Sistem Pendukung Model Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Muhammad Panca Muliadi; Muliawan Firdaus
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v1i2.21903

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui validitas gim edukasi terintegrasi sosialisasi P4GN sebagai sistem pendukung model pembelajaran berbasis masalah matematika, 2 )Mengetahui kepraktisan gim edukasi terintegrasi sosialisasi P4GN sebagai sistem pendukung model pembelajaran berbasis masalah matematika, dan 3) Mengetahui efektifitas gim edukasi terintegrasi sosialisasi P4GN sebagai sistem pendukung model pembelajaran berbasis masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (design & research). Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Serba Jadi yang beralamat di Jalan Budi Kemenangan Nomor 24 Kota Medan dan direncanakan untuk dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020-2021. Subjek uji coba penelitian adalah kelas C dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang yang ditetapkan secara acak. Studi pengembangan dalam penelitian ini mengikuti proses pengembangan model ADDIE. Berdasarkan data hasil penelitian 1) Hasil pengembangan yang berupa Gim Edukasi dinyatakan valid. Penilaian dalam kategori valid dengan presentasi sebesar 80% dan penilaian secara umum gim ini sangat baik dan dapat digunakan. 2) Hasil pengembangan yang berupa Gim Edukasi dinyatakan praktis. Penilaian dalam kategori praktis dengan hasil program ini dapat dijalankan dan tidak mengalami gangguan (error) saat dijalankan.3) Hasil pengembangan yang berupa Gim Edukasi dinyatakan Efektif. Dengan hasil penggunaan media pembelajaran gim edukasi “Downfall of The Cartels”  mampu  melebihi kriteria hasil ketuntasan belajar siswa siswa secara klasikal, yaitu sebesar 90 % dan penggunaan media pembelajaran gim edukasi “Downfall of The Cartels”  mampu  mendapatkan respon positif dari siswa, yaitu sebesar 90 %.
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DARING DITINJAU DARI MODEL REGRESINYA Hana Hutabarat
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v1i1.18821

Abstract

Abstract: Analysis of students satisfaction level at Univertas Negeri Medan of the online learning process in terms of the regression model. The learning process in the university environment is no longer focused on the learning process face to face. Many types of online learning are used by lecturers in communicating and providing learning material in many applications. Student satisfaction in accepting learning also varies. The level of satisfaction of students' acceptance of the learning process is influenced by supporting factors and constraints on the learning process. The research subjects were 40 different students from mathematics majors and bilingual chemistry at Univertas Negeri Medan, selected randomly. The format used is Whatsapp Group, Google Classroom, Cisco Webex, and Sipda Unimed. The data collection method is done by questionnaire, observation and interview. Shown from the regression model of the relationship between the use of online platforms and the involvement of lecturers stated that the platform that met the indicators and involvement of lecturers during online learning took a significant effect on the level of student satisfaction in online learning using the online platform. Keywords: Level of Satisfaction, Regression Model, Online Learning Abstrak : Analisis tingkat kepuasaan mahasiswa Universitas Negeri Medan terhadap proses pembelajaran daring ditinjau dari model regresinya. Proses pembelajaran di lingkungan universitas tidak lagi berfokus pada proses pembelajaran secara tatap muka. Banyak jenis pembelajaran online yang dipakai dosen dalam berkomunikasi dan memberikan materi pembelajaran dalam banyak aplikasi. Kepuasan mahasiswa dalam menerima pembelajaran juga bervariasi. Tingkat kepuasan penerimaan mahasiswa terhadap proses pembelajaran dipengaruhi oleh faktor pendukung dan faktor kendala atas proses pembelajaran tersebut. Subjek penelitian adalah mahasiswa dua jurusan yang berbeda yaitu matematika dan bilingual kimia Universitas Negeri Medan sebanyak 40 orang yang dipilh secara acak. Plarform yang dipakai adalah Whatsapp Grup, Google Classroom, Cisco Webex, dan Sipda Unimed. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi dan wawancara. Ditunjukkan dari model regresi dari hubungan antara pemakaian platform daring dan keterlibatan dosen menyatakan bahwa platform yang memenuhi indicator dan keterlibatan dosen selama pembelajaran daring berlangsung berpengaruh secara signfikan terhadap tingkat kepuasan mahasiswa dalam belajar online menggunakan platform daring tersebut.  Kata kunci : Tingkat Kepuasan, Model Regresi, Pembelajaran Daring
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PELAJARAN MATEMATIKA Bayu Sugiarti; Edi Irawan
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v1i1.19509

Abstract

Pada kegiatan pembelajaran Matematika kelas V Salahudin Al-Ayubi MIN 1 Ponorogo menggunakan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru dengan menggunakan metode ceramah. Penggunaan model pembelajaran kurang tepat mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa, terbukti saat siswa diberi tes hanya 22,23% siswa yang tuntas KKM. Oleh sebab  itu perlu adanya perubahan model pembelajaran guna meningkatkan pemahaman siswa yaitu dengan penerapkan model pembelajaranProject Based Learning (PjBL) Kelas V Salahudin Al-Ayubi MIN 1 Ponorogo Tahun ajaran 2019/2020. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan tiap pertemuan terdiri dari 2 sampai 3 jam pelajaran. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa model pembelajaran  Project Based Learning (PjBL) mampu meningkatkan pemahaman siswa. pencapaian tes yang di peroleh pada siklus I sebesar 70, 37% siswa mencapai nilai KKM dan meningkat pada siklus II sebesar 92,59% siswa mencapai nilai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V Salahudin Al-Ayubi pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan volume bangun ruang kubus dan balok  MIN 1 Ponorogo.
Analisis Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa 2020 Silvi Anggraini Rahman; Hasratuddin Hasratuddin
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v1i2.21906

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menganalisis hasil penelitian kepraktisan  LKPD berbasis pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis; 2) menganalisis hasil penelitian keefektifan LKPD berbasis pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur (Library Research) dikarenakan keterbatasan peneliti dalam melakukan penelitian kelapangan karena adanya pandemi COVID-19. Peneliti menganalisis hasil penelitian praktis dan efektif yang peneliti dapat dari tiga buah skripsi dan satu jurnal yang relevan dengan penelitian yang akan peneliti lakukan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa penelitian yang telah melakukan penelitian pengembangan LKPD yang berkualitas dari aspek kepraktisan, dan keefektifan.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF PADA MATERI POLA BILANGAN Demita A.Y. Nainggolan; Simanjuntak Erlinawaty
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v1i1.19064

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan metakognitif, secara khusus bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kevalidan produk pengembangan LKPD berbasis pendekatan metakognitif pada materi pola bilangan; 2) Mendeskripsikan kepraktisan produk pengembangan LKPD berbasis pendekatan metakognitif pada materi pola bilangan; 3) Mendeskripsikan keefektifan produk pengembangan LKPD berbasis pendekatan metakognitif pada materi pola bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan metakognitif yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan hasil validasi oleh  validator dengan rata-rata validitas RPP adalah 4,19 dengan kategori valid dan rata-rata validitas LKPD adalah 4,43 dengan kategori valid; (2) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan metakognitif pada materi pola bilangan yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan melalui: a) para ahli/validator menyatakan layak diuji cobakan dengan revisi sesuai saran atau tanpa revisi; b) observer menyatakan bahwa keterlaksanaan pembelajaran rata-rata 84,61% dengan kategori baik; (3) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan metakognitif pada materi pola bilangan yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan. (4) Peningkatan pretest dan postest diketahui  melalui Gain antara pretest dan posttest yang diperoleh sebesar 0,745 dengan kategori tinggi.
Pengaruh Perhatian Orang Tua dalam Pembelajaran Online Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Selvina Harefa; Hia Yasifati
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v1i2.21900

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dalam pembelajaran online matematika terhadap motivasi belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 7 Medan. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang dipakai adalahexpost facto, dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan  sampel sebanyak 162 siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Medan. Hasil analisis linier sederhana, menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa diperoleh Y = 5.284 + 1.097X. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan 95% dan alpha 5% diperoleh nilai thitung sebesar 25.957 dan ttabel sebesar 1.975 dengan demikian thitung> ttabel atau 25.957 > 1.975 sehingga hipotesis diterima. Koefisien determinasi (R2) adalah 0,808 yang menjelaskan pengaruh perhatian orang tua dalam pembelajaran online terhadap motivasi belajar Matematika siswa sebesar 80,8% sedangkan 19,2% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian. Sehingga disimpulkan bahwa  terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa.
Analisis Kemampuan Bernalar Siswa SMA Dalam Memaknai Permasalahan Integral Berbasis Konteks Afifah Rahmi; Anisa Putri Hairi; Alphiyani Lukman; Andrea Arifsyah Nasution
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v1i2.21910

Abstract

Materi integral merupakan salah satu materi pokok dalam kurikulum matematika di Sekolah Menengah Atas. Dalam penelitian ini, siswa dituntut untuk memiliki kemampuan bernalar. Kemampuan tersebut sangat dibutuhkan dalam penyelesaian masalah integral, khususnya pada permasalahan luas daerah di bawah kurva. Hal tersebut tentunya membutuhkan pemahaman konsep, kemampuan penalaran dan interpretasi. Pada kenyataannya, banyak siswa merasa kesulitan untuk mengatasi permasalahan integral. Akibatnya, siswa mengalami banyak kekeliruan dalam menyelesaikan masalah terkait dengan luas daerah di bawah kurva. Pada artikel ini penulis mencoba untuk menjelaskan secara deskriptif  tentang bagaimana siswa menggunakan kemampuan awal mereka pada permasalahan berbasis konteks. Penelitian ini dilakukan di kelas XI yang menduduki semester kedua yang terdiri dari 40 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui tes awal (Student’s Worksheet), wawancara, dan catatan lapangan. Wawancara dilakukan dengan tujuan mendapatkan informasi mengenai bagaimana siswa menyelesaikan permasalahan integral yang disajikan. Hasil dari kegiatan tersebut menunjukan bahwa kemampuan siswa umumnya tidak dapat membantu mereka dalam menyelesaikan permasalahan integral berbasis konteks. Dalam hal ini, penulis menemukan bahwa beberapa siswa tidak dapat menyelesaikan permasalahan; sementara itu beberapa siswa lainnya menerapkan cara lain, seperti dengan menggunakan rumus dan menuangkan dengan kata-kata. [ANALISIS KEMAMPUAN BERNALAR SISWA SMA DALAM MEMAKNAI PERMASALAHAN INTEGRAL BERBASIS KOTEKS
PERBEDAAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA ANTARA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMBELAJARAN BIASA Muhammad Rizky Mazaly; Nuraini Sri Bina; Siti Fatimah Sihotang
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v1i1.19065

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui perbedaan signifikan antara kemampuan spasial siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) Mengetahui perbedaan signifikan antara disposisi matematis siswa yang diajar dengan model kontekstual dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (3) Mengetahui apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan spasial siswa, (4) Mengetahui apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap disposisi matematis siswa, (5) Proses jawaban siswa pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Agung Medan yang berjumlah 345 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 60 siswa. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan spasial siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) Disposisi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan spasial siswa, (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap disposisi matematis siswa, dan (5) Proses jawaban siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran kontekstual lebih lengkap dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa.