Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tindakan dikelas mata pelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran pendekatan kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas XI SMA Negeri I Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya nilai belajar belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran melalui pendekatan kooperatif Jigsaw pada materi pokok sistem pencernaan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Dari penelitian yang dilakukan, persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Pada siklus 1 atau prasiklus persentase ketuntasan belajar hanya 20 %. Pada siklus 2 terjadi peningkatan namun hanya menjadi 52,38 %. Lalu pada pada siklus 3 persentase ketuntasan belajar siswa menjadi 90,48 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tindakan kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi materi pokok sistem pencernaan pada siswa kelas XI SMA Negeri I Torgamda Kabupaten Labuhan Batu Selatan.
Copyrights © 2018