Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus
Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2018

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MENGGUNAKAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMA NEGERI I TORGAMBA KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN

Zunaidy Abdullah Siregar (STKIP Labuhan Batu)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tindakan dikelas mata pelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran pendekatan kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas XI SMA Negeri I Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya nilai belajar belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran melalui pendekatan kooperatif Jigsaw pada materi pokok sistem pencernaan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Dari penelitian yang dilakukan, persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Pada siklus 1 atau prasiklus persentase ketuntasan belajar hanya 20 %. Pada siklus 2 terjadi peningkatan namun hanya menjadi 52,38 %. Lalu pada pada siklus 3 persentase ketuntasan belajar siswa menjadi 90,48 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tindakan kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi materi pokok sistem pencernaan pada siswa kelas XI SMA Negeri I Torgamda Kabupaten Labuhan Batu Selatan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nukleus

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologidibawah naungan LPPM Universitas Labuhanbatu. Jurnal ini diterbitkan dua kali ...