Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah
مجلد 2 عدد 1 (2017): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2017

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR VOLUME BANGUN RUANG BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC

Amalia Nurjannah (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudhatul Ulum Sakatiga)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar volume bangun ruang berbasis pendekatan scientific yang valid dan praktis dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Raudhatul Ulum Sakatiga yang berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan pengembangan atau development research. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan dokuman, walk trough, video, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini telah menghasilkan bahan ajar yang valid dan praktis yang sesuai dengan langkah-langkah pendekatan scientific pada materi volume bangun ruang . Valid tampak dari hasil validasi beberapa validator berdasarkan konten, konstruk, dan bahasa dan hasil one-to-one. Praktis tampak dari hasil pengamatan small group dan diperoleh bahan ajar yang mudah digunakan sesuai dengan kebutuhan siswa. Selain valid dan praktis, bahan ajar ini juga mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar siswa SMP Islam Terpadu Raudhatul Ulum Sakatiga kelas VIII.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

raudhah

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

RAUDHAH Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah adalah jurnal ilmiah yang membahas seputar dunia tarbiyah islamiyah (Pendidikan Islam) baik secara teori maupun implementasi. RAUDHAH Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah dikelola dan diterbitkan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah ...