Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktif Type Everyone Is A Teacher Here Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Terhadap Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

silvia anggreini (pendidikan teknik bangunan)
Muhammad Giatman (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa tanpa menggunakan model aktif type everyone is a teacher here menggunakan model pembelajaran aktif type everyone is a teacher here kelas X DPIB SMK N 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitan eksperimen yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas control. Rancangan eksperimen penelitian ini adalah True-Experimental Design dengan pola Posttest-Only Control Design. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas dan variabel terikat dan jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan tes akhir. Langkah-langkah menganalisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan review jurnal maka disimpulkan bahwa 1) Hasil belajar siswa pada pokok bahasan reaksi oksidasi reduksi dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) lebih tinggi secara signifikan dari hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Penerapan pembelajaran Aktif tipe ETH merupakan salah satu strategi pembelajaran fisika yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. 3) Penerapan metode pembelajaran ETH berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dan keterampilan berkomunikasi siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...